Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bantu Korban Gempa, Kementerian PUPR Targetkan 3.050 Rumah Di Sulteng

Sabtu, 29 Mei 2021 16:41 WIB
Ilustrasi perumahan yang disiapkan Kementerian PUPR pasca gempa di Sulawesi Tengah. (Foto: Antara)
Ilustrasi perumahan yang disiapkan Kementerian PUPR pasca gempa di Sulawesi Tengah. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menggenjot progres rehabilitasi dan rekonstruksi pemulihan bagi korban pasca gempa di Provinsi Sulawesi Tengah.

"PUPR terus mendorong kegiatan pemulihan melalui penyediaan hunian tetap (huntap) korban gempa," kata Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Sulteng Kementerian PUPR Rezki Agung saat dihubungi, di Palu, Sulteng, Sabtu (29/5).

Menurutnya , apa yang dilakukan pemerintah adalah memfasilitasi warga penyintas untuk memperoleh hunian permanen sebagai tempat tinggal baru mereka, yang merupakan bagian dari pemenuhan hak dasar.

Baca juga : Cegah Korupsi, Menteri Basuki Canangkan Zona Integritas Di 9 Balai

Agung mengatakan PUPR menyediakan huntap satelit di tiga daerah terdampak parah yakni Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Donggala pada 2021 sebanyak 1.076 unit dan diproyeksikan rampung pada Desember 2021.

"Mulai dari tahap perencanaan lelang pada lokasi-lokasi relokasi baru, pembangunan hingga proses penghunian terhadap hunian yang sudah jadi masih berproses. Artinya, pemerintah sangat serius melakukan upaya pemulihan," ujar Agung.

Ia mencontohkan seperti penyediaan huntap di wilayah Loli, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, saat ini, sebagian baru memulai produksi komponen rumah instan sederhana sehat (risha) dan pembuatan pondasi bangunan.

Baca juga : Perpusnas-Kementerian PPPA Sinergi Sukseskan Vaksinasi

Menurutnya salah satu tujuan kunjungan Wakil Menteri PUPR Jhon Wempi Wetipodan dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Surya Tjandra beberapa waktu lalu adalah melihat lebih dekat progres percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi di Sulteng.

"Hingga akhir April, progres pelaksanaan telah mencapai 42 persen. Diperkirakan pada akhir Mei 2021 dapat diselesaikan 300 unit huntap, akhir Juni sebanyak 700 unit dan pertengahan Desember tahun ini seluruh pekerjaan sudah bisa dimanfaatkan," ucap Agung.

Ia menambahkan periode 2021-2022, Kementerian PUPR menargetkan pembangunan huntap sebanyak 3.050 unit untuk memenuhi kebutuhan korban gempa, tsunami dan likuefaksi di provinsi tersebut.

Baca juga : BP Tapera Targetin Bangun 55 Ribu Rumah Tahun Ini

"Proses perampungan hunian dilakukan secara bertahap, dan masyarakat diminta tetap bersabar," ujar Agung. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.