Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bisnis Di Era Pandemi,

Sandiaga: Jualan Via Daring Mutlak Dilakukan

Selasa, 1 Juni 2021 19:38 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Ist)
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) untuk meningkatkan kapasitas keterampilan seperti memasarkan produk-produk lewat daring.

Menurutnya, pandemi Covid-19 telah memaksa para pelaku ekraf untuk meningkatkan keterampilan dan beradaptasi dalam mengembangkan usaha dengan memanfaatkan marketplace sebagai sarana berjualan dan media sosial sebagai wadah pemasaran.

“Keterampilan memasarkan dan menjual barang-barang melalui online sudah menjadi hal yang mutlak bagi para pelaku ekraf saat ini.

Baca juga : Di Tengah Pandemi, PT Saraswanti Tebar Dividen Rp 89 M

Tidak hanya itu saja, keterampilan membuat konten-konten produk sekreatif juga harus ditingkatkan agar minat konsumen semakin tinggi," kata Sandiaga dalam keterangannya saat mengunjungi Cirebon, Jawa Barat, Senin (31/5).

Untuk Cirebon sendiri, yang dianggap Sandiaga sebagai ikon sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan batik dan produk-produk kulinernya, juga didorong pelaku ekrafnya untuk mengembangkan usaha lewat digital.

Kemenparekraf juga menyatakan telah menyalurkan dana hibah pariwisata sebesar Rp 2,2 triliun pada 2020 dan akan mengusulkan dana hibah sebesar Rp 3,7 triliun yang akan diperluas bukan hanya untuk hotel dan restoran saja dalam meningkatkan usaha.

Baca juga : Dipuji Menhub Dan Ketua DPR, AP II Maksimal Jalankan Aturan Larangan Mudik

"Tapi pemanfaatannya bisa diperluas bagi pelaku parekraf lainnya. Kami sedang petakan dan kami berharap bantuan dari pemkab/pemkot untuk memberikan data terkini para pelaku ekraf di Cirebon,” jelas Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sandiaga berharap pelaku ekraf di Kabupaten Cirebon dapat meningkatkan kualitas produknya melalui pelatihan dan pendampingan usaha yang segera digelar di wilayah tersebut.

"Pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki satu kebutuhan yang sama yaitu pelatihan, pendampingan, dan akses permodalan. Ini yang akan kita bantu melalui program-program Kemenparekraf untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya," tukasnya. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.