Dark/Light Mode

Ajak PDIP, PAN Dan Demokrat DPRD NTB

Gerindra Gulirkan Interpelasi Ke Gubernur Zulkieflimansyah

Jumat, 4 Juni 2021 06:30 WIB
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah. (Foto: Twitter @bangzul_ntb)
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah. (Foto: Twitter @bangzul_ntb)

 Sebelumnya 
Raden berharap, Raker dengan Gubernur NTB ini bisa mengakhiri ragam spekulasi atas sikap Gubernur yang terkesan limbung dalam menentukan sikap pada PT GTI.

“Kita ingin tahu sikap resmi gubernur seperti apa (tidak hanya saling lempar wacana). Apakah akan putus kontrak atau addendum (pembaharuan kontrak),” ujarnya.

Baca juga : Bank DKI Dan DMI Jakarta Salurkan Dana Bantuan Operasional Tempat Ibadah

Ketua Komisi III DPRD NTB Sambirang Ahmadi membenarkan, ada upaya mengundang Gubernur NTB untuk menghadiri Raker di DPRD NTB. “Sedang dikoordinasikan,” jelasnya.

Politisi PKS itu juga memperkirakan Raker akan digelar bukan pada pekan ini, melainkan pekan depan.

Baca juga : Kini, Giliran Anies-Zulkieflimansyah

Gubernur NTB pun diharapkan hadir langsung untuk memberikan pandangan final terkait kontrak PT GTI. “Iya, Insya Allah begitu (harus gubernur yang hadir, tidak diwakili),” jelasnya.

Diketahui, DPRD NTB pada awal Januari lalu merekomendasikan putus kontrak dengan PT GTI kepada Pemprov NTB. Pasalnya, DPRD dalam kesimpulannya menyebut, dalam per­janjian yang dilakukan pada 1995, PT GTI berjanji akan memberikan kenaikan royalti setiap lima tahun kepada Pemprov NTB.

Baca juga : Partai Gerindra Salurkan Bantuan Ke Lokasi Banjir Terparah Di Kalimantan Selatan

Kenyataannya, daerah hanya diberikan Rp 22,5 juta. Padahal perputaran uang setiap harinya di destinasi andalan NTB itu mencapai Rp 2 hingga Rp 5 miliar.

Hanya saja, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, hingga kini belum mengeksekusi rekomendasi DPRD. Dia masih mengkalkulasi untuk menghindari upaya gugatan melalui pengadilan, yang berpotensi dilakukan GTI. Apalagi jika berdasarkan kontrak, GTI masih memiliki hak pengelolaan lima tahun lagi atau hingga 2026. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.