Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tiga Bulan, 606 Aduan Kelar

Halo Mas Bup, Inovasi Bupati Kediri Tampung Keluhan Warga

Minggu, 6 Juni 2021 20:48 WIB
Bupati Kediri Hanindhito Himawan memamerkan aplikasi Halo Mas Bup. (Foto: Ist)
Bupati Kediri Hanindhito Himawan memamerkan aplikasi Halo Mas Bup. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak awal menjabat, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meluncurkan aplikasi Halo Mas Bup. Aplikasi ini merespons keresahan dan curhatan warga utamanya keluhan di bidang pelayanan dan infrastruktur publik.

"Halo Masbup menjadi salah satu cara untuk memangkas jarak antara pemerintah dengan masyarakat. Tidak harus bertemu saya. Melalui aplikasi ini masyarakat bisa mengadu atau menyampaikan unek-unek mereka, dan langsung diteruskan kepada satker untuk segera dieksekusi," kata Hanindhito Himawan Pramana dalam keterangannya, Minggu (6/6).

Hingga 1 Juni 2021, tercatat 606 laporan telah selesai dieksekusi. Laporan terbanyak masuk ke Dinas Pendidikan yakni 125 laporan, Dinas PUPR 122 laporan, DPMPD 92 laporan, Dinas Sosial 60 laporan, Dispendukcapil 45 laporan dan sisanya merupakan laporan dari berbagai sektor.

Baca juga : BGS Minta Ganjar Dampingi Bupati Kudus Tangani Lonjakan Kasus Corona

Aplikasi ini terbukti efektif merespon dan menindaklanjuti aduan masyarakat. Salah satunya perbaikan jalan yang dilakukan Dinas PUPR di ruas Plosoklaten arah Gedangsewu atau yang kerap disebut Jeglongan Sewu. 

Saat ini, perbaikan jalan memasuki tahap pekerjaan rigid pavement. Pemeliharaan jalan juga terus dilakukan pada ruas jalan di wilayah lainnya seperti Damarwulan-Brumbung di Kecamatan Kepung dan ruas Kedungsari-Tarokan di Kecamatan Tarokan.

Tak hanya itu, masalah administrasi kependudukan yang sering dikeluhkan warga diselesaikan melalui teknologi digital. Dispendukcapil membuka layanan Sahaja Lekat atau Satu Hari Jadi Lebih Dekat untuk memudahkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) masyarakat.

Baca juga : Enam Bulan Tanpa Kasus Baru, Ini Jurus Selandia Baru Lawan Covid

Melalui layanan ini, masyarakat yang jauh dari pusat pelayanan yaitu Kantor Dukcapil, dapat memanfaatkan pelayanan adminduk di titik-titik layanan sesuai klaster atau kelompok wilayah yang sudah ditentukan.

Ada 6 titik layanan Sahaja Lekat, yaitu Kecamatan Banyakan, Kecamatan Wates, Kecamatan Papar, Kecamatan Pare, Kecamatan Ngadiluwih dan Kantor Dinas Dukcapil.

Sejak menjabat sebagai Bupati Kediri, 26 Februari 2021, Dhito bertekad untuk melayani, bukan dilayani. Salah satu cara yang dilakukan adalah mengubah pola komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

Baca juga : Tiga Kawasan Industri Halal Siap Beroperasi Tahun Ini

Tak hanya itu, berbagai inisiatif pelayanan melalui teknologi digital Selain melakukan interaksi langsung, Bupati Kediri yang akrab disebut Mas Bup ini juga memanfaatkan aplikasi digital, salah satunya Halo Masbup agar berbagai persoalan bisa langsung diatasi dengan cepat.

Dhito menambahkan, aplikasi ‘Halo Masbup juga implementasi percepatan digitalisasi di Pemerintah Kabupaten Kediri untuk mendorong terwujudnya pelayanan publik yang cepat, efisien, dan terukur. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.