Dark/Light Mode

Mendes Harap Gernas BBI Dapat Bangkitkan Pelaku UMKM

Jumat, 18 Juni 2021 17:18 WIB
Mendes, Abdul Halim Iskandar di acara puncak Gerakan Banga Buatan Indonesia yang bertajuk Kilau Digital Permata Flobamora, secara virtual Jumat (18/6).
Mendes, Abdul Halim Iskandar di acara puncak Gerakan Banga Buatan Indonesia yang bertajuk Kilau Digital Permata Flobamora, secara virtual Jumat (18/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar memberi apresiasi atas penyelanggaraan Gerakan Banga Buatan Indonesia (Gernas BBI) atas peluncuran Kilau Digital Permata Flobamora NTT.

"Semoga melalui Gernas BBI ini pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terus meningkat hingga percepat kebangkitan ekonomi nasional dalam pandemi Covid-19 ," kata Mendes di acara puncak Gerakan Banga Buatan Indonesia yang bertajuk Kilau Digital Permata Flobamora, secara virtual Jumat (18/6)

Olehnya karena itu, optimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) yang telah berbadan hukum sebagai imbas lahirnya Undang Undang Cipta Kerja akan terus digenjot

Baca juga : Menkes: Varian India Tersebar Di Jakarta-Kudus-Bangkalan

"Peran ini akan dioptimalisasi untuk mengkonsolidasi berbagai usaha yang dilakukan warga masyarakat," katanya.

Pasalnya, syarat berdirinya BUMDesa atau BUMDesa Bersama adalah untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat sehingga unit usaha yang dijalankan tidak boleh sama dengan usaha yang telah dilakukan oleh warga desa.

Justru tugasnya untuk konsolidasi usaha dari hulu hingga hilir, utamanya terkait dengan distrubusi barang dan upaya pencarian pasar produk desa.

Baca juga : Kemenparekraf Harap PKB Ke-43 Bangkitkan Ekonomi Pulau Dewata

"Oleh karenanya sebuah keniscayaan bagi BUMDesa untuk terus ditingkatkan kemampuan digitalisasinya," kata Gus Menteri, sapaan akrabnya.

Soal pemanfaatan Dana Desa, Ia mengatakan Dana Desa bisa digunakan untuk pelatihan digitalisasi. Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, Dana Desa bisa dilakukan untuk pertumbuhan ekonomi dan peningkatan Sumber Daya Manusia.

"Ketika digunakan untuk dua hal itu, maka Dana Desa digunakan, tentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku," katanya.

Baca juga : Menpora Yakin Penerapan Sport Science Bangkitkan Olahraga Nasional

Acara puncak Gerakan Banga Buatan Indonesia yang bertajuk Kilau Digital Permata Flobamora ini dibuka oleh Wakil Presiden, Maruf Amin dan dihadiri secara langsung oleh sejumlah pejabat negara, seperti Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, Menkominfo, Johnny G Plate dan Gubernur NTT Victor B Laiskodat.

Turut memberi apresiasi adalah Mendagri Tito Karnavian, Menparekraf Sandiaga Uno, Menkop UKM Teten Masduki, Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Bank Indonesia, Perrry Warjiyo. [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.