Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wamenag Ajak Tokoh Agama Maluku Gotong Royong Cegah Corona

Sabtu, 19 Juni 2021 15:02 WIB
Wamenag Zainut Tauhid Saadi saat Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 tentang pembatasan kegiatan di rumah ibadah di Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Ambon, Jumat (18/06). (Foto: Ist)
Wamenag Zainut Tauhid Saadi saat Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 tentang pembatasan kegiatan di rumah ibadah di Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Ambon, Jumat (18/06). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Agama (Wamenag) KH Zainut Tauhid Saadi mengingatkan, pecegahan penularan Covid-19 harus dilakukan bersama-sama oleh seluruh pihak serta elemen masyarakat. Pesan ini disampaikan Wamenag dalam Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 tentang pembatasan kegiatan di rumah ibadah di Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Ambon, Jumat (18/06).

"Pencegahan terhadap penularan Corona bukan menjadi tangung jawab pemerintah semata. Tetapi butuh dukungan seluruh elemen masyarakat. Terutama peran tokoh agama untuk mengingatkan umat agar waspada menghadapi penularan virus yang akhir-akhir ini  mengalami peningkatan di Indonesia," ungkap Zainut.

Kata Zainut, pemerintah terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Berbagai program digulirkan baik dalam bentuk imbauan, edukasi dan sosialisasi menekan angka penyebaran virus. Juga program vaksinasi terus digencarkan untuk membentuk kekebalan kelompok masyarakat atau herd immunity.

Baca juga : Puan Ajak Semua Elemen Bangsa Gotong Royong Atasi Pandemi

Kemenag misalnya, menerbitkan SE untuk membatasi seluruh agenda kegiatan di rumah ibadah dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19. "Upaya pemerintah ini perlu mendapat dukungan dari masyarakat," imbaunya.

Akhir-akhir ini angka penyebaran virus Covid 19 mengalami peningkatan signifikan di sejumlah wilayah di Indonesia. Lonjakan kasus terjadi pasca libur Idul Fitri.

"Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pembatasan mudik, namun masih ada sebagian masyarakat yang tidak mengindahkannya," ungkap Wamenag.

Baca juga : Wimboh Ajak Ekonom & Akademisi DIY Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Menyikapi situasi peningkatan kasus Covid-19, Kemenag menerbitkan SE Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2021, tentang Pembatasan Kegiatan di Rumah Ibadah, tertanggal 15 Juni 2021. Langkah ini perlu mendapat perhatian bersama, terutama dari tokoh-tokoh agama, untuk tampil bersama menyadarkan umat agar mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Di tempat yang sama, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Jamaludin Bugismengatakan, Rapat Koordinasi dan Sosialisasi SE Nomor 13 Tahun 2021 yang dihadiri para pimpinan organisasi keagamaan di Provinsi Maluku, dilakukan untuk mencegah agar kasus Covid-19 tidak melonjak di Provinsi Maluku.

"Awalnya direncanakan kegiatan ini dihadiri 80 peserta. Namun, setelah ada SE Nomor 13 Tahun 2021, kami membatasi jumlah peserta. Ini juga dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19," ujar Jamaludin Bugis.

Baca juga : Ketua MPR Ajak Swasta Sukseskan Vaksinasi Gotong Royong

Ia menambahkan, selama ini seluruh pimpinan organisasi lintas agama di Maluku, telah membatu pemerintah daerah bersama-sama melakukan pencegahan terhadap virus yang saat ini mengalami tranformasi. Kanwil Kemenag telah melakukan pecegahan melalui sosialisasi bahaya Covid-19 di rumah-rumah ibadah, pembagian masker bagi penguna jalan, swab masal dan vaksinasi yang diikuti seluruh ASN Kemenag.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor IAIN Ambon Zainal A. Rahawarin, Rektor IAKN Ambon Agustinus Ch. Kakiay, Ketua Umum MUI Maluku KH Abdullah Latuapo, Pimpinan PGI, KWI, Walubi dan PHDI serta seluruh pimpinan eslon III di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Maluku. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.