Dark/Light Mode

Diangkat Jadi Adik Ketum PAN Zulhas

Erick Didorong Nyapres

Minggu, 20 Juni 2021 07:10 WIB
Saat kunker ke Lampung bersama Ketum PAN Zulkifli Hasan, kemarin, Menteri BUMN Erick Thohir mendapat gelar adat kehormatan dari masyarakat adat Lampung marga Dantaran. Erick dinobatkan sebagai Raden Bangsawan. Sementara Zul sendiri memiliki gelar Batin Eka Perkasa. “Ini semacam adik-kakak. Pak Zul kakaknya, Pak Erick adiknya,” kata Kepala Adat Marga Dantaran, Pangeran Ahmad Fajrin. (Foto: Twitter @ZUL_Hasan)
Saat kunker ke Lampung bersama Ketum PAN Zulkifli Hasan, kemarin, Menteri BUMN Erick Thohir mendapat gelar adat kehormatan dari masyarakat adat Lampung marga Dantaran. Erick dinobatkan sebagai Raden Bangsawan. Sementara Zul sendiri memiliki gelar Batin Eka Perkasa. “Ini semacam adik-kakak. Pak Zul kakaknya, Pak Erick adiknya,” kata Kepala Adat Marga Dantaran, Pangeran Ahmad Fajrin. (Foto: Twitter @ZUL_Hasan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir dan Wakil Ketua MPR yang juga Ketum PAN Zulkifli Hasan blusukan bareng ke Lampung, akhir pekan, kemarin. Pada kesempatan itu, Erick mendapat gelar kehormatan dan bangsawan dari masyarakat adat Lampung dan diangkat jadi adik Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan. Tak hanya itu, eks Presiden klub sepak bola Italia Inter Milan itu didorong jadi Calon Presiden (Capres) di 2024. Mendapat perlakuan istimewa itu, Erick berbunga-bunga.

Tak banyak yang tahu, Erick punya darah Lampung. Ayahnya, M Teddy Thohir, ternyata pengusaha asal Lampung. Zulhas rupanya mengetahui persis soal darah Lampung yang mengalir di tubuh Erick ini.

Sebagai tokoh nasional asal Lampung, Zulhas pun mengajak Erick berkeliling Lampung. Selama dua hari, Erick diajak melihat adat, budaya dan potensi masyarakat Lampung.

Erick dan Zulhas tiba di Bandar Udara Raden Inten II Lampung, Jumat siang. Dari sana, Erick lalu diajak berkeliling ke sana-sini, seharian penuh. Tempat pertama yang dituju adalah ke Desa Merak Batin, menengok perajin tapis Lampung.

Baca juga : Evita Siap Dukung Visi Transformasi Kapolri

Dari sana, Erick diajak diskusi bersama tokoh di UMPRI, Pringsewu. Malamnya, Erick diajak bertemu tokoh agama, adat, budaya, dan pemuda. Dalam setiap kunjungan, tak lupa Zulhas memperkenalkan Erick sebagai orang Lampung.

“Saya mengajak beliau untuk melihat betapa luar biasanya potensi alam Lampung dengan ragam seni, budaya, serta sumber dayanya,” begitu kata Zulhas, setiap kali memperkenalkan Erick.

Puncak safari bareng ini terjadi di SMA Kebangsaan, Kalianda, Lampung Selatan, kemarin. Di sana, Erick mendapat gelar kehormatan dari masyarakat adat Lampung marga Dantadan.

Penganugerahan dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara adat, mulai dari silat sampai tarian. Di momen ini, Erick tampil bak bangsawan dengan pakaian adat Lampung.

Baca juga : Bangkit Dari Pandemi, UMKM Harus Melek Digital

Tak hanya diberi gelar kehormatan, Erick juga dinobatkan sebagai raden bangsawan dan diangkat sebagai kerabat keluarga besar marga Dantaran. Ia diangkat sebagai adik Zulhas. Dalam adat marga Dantaran, Zulhas sendiri memiliki gelar Batin Eka Perkasa yang merupakan penghormatan untuk bangsawan atau raja.

Dalam sambutannya, Zulhas mengatakan, pemberian gelar adat ini bukan hanya seremoni belaka. Pemberian gelar ini sekaligus untuk mengajak para pemimpin negeri menjaga kelestarian adat dan budaya.

Ia mengaku bangga dengan Erick yang kini menjabat sebagai Menteri BUMN. Pemberian gelar ini juga simbol kelahiran Erick secara politik sebagai orang Lampung.

Mantan Ketua MPR ini pun mendorong Erick ikut Pilpres di 2024 nanti. Menurut Zulhas, kalau ada presiden yang berasal dari Lampung, maka pembangunan di Lampung akan semakin maju.

Baca juga : Prabowo Bakal Ngotot Nyapres

Bagaimana tanggapan Erick? Penggemar olahraga basket ini terlihat senang. Kepulangannya kali ini terasa istimewa karena mendapat kehormatan melihat adat, budaya Lampung.

Erick mengaku sangat bersyukur dan bahagia menerima gelar adat dari marga Dantaran. “Apalagi menjadi adik langsung dari Pak Zul dengan gelar Batin Eka Perkasa. Memang adat dan budaya ini harus menjadi visi kita semua,” kata Erick. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.