Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Nyalon Ketua PWNU DKI, Gus Jazil Didukung PCNU Jaktim

Rabu, 31 Maret 2021 18:15 WIB
Nyalon Ketua PWNU DKI, Gus Jazil  Didukung PCNU Jaktim

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid atau Gus Jazil, berencana maju sebagai calon Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta dalam Konferensi Wilayah Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (Konferwil PWNU) DKI Jakarta pada 2 April 2021 mendatang.

Langkah Gus Jazil tersebut mendapat dukungan dari berbagai kalangan. Salah satunya, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jakarta Timur (PCNU Jaktim).

Bertempat di Pendopo Pondok Pesantren Al Hamid, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (31/3), PCNU Jaktim resmi mendeklarasikan dukungan terhadap Wakil Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Dalam sambutannya, Gus Jazil mengaku sangat terharu dengan dukungan warga nahdliyin di Jaktim tersebut. Ia pun mengaku siap untuk menjadikan PWNU DKI sebagai ormas keagamaan yang mandiri dan tidak bisa disetir oleh siapapun.

Baca juga : Dikawal Ketat Polisi, Rizieq Tiba Di PN Jaktim

"InsyaAllah, jika saya terpilih, saya akan kembalikan NU khususnya di DKI Jakarta sebagai organisasi bermartabat dan mandiri," janjinya.

Menurut Gus Jazil, PWNU DKI sudah saatnya harus melakukan penataan kelembagaan untuk mewujudkan langkah-langkah besar. Semua ranting juga harus digerakkan dan aktif dalam berbagai kegiatan.

"Penataan kelembagaan itu menjadi pintu dalam menjalankan organisasi PWNU DKI ke depan," ujar Gus Jazil.

Selain itu, Gus Jazil juga mengaku telah menyiapkan program jika terpilih menjadi Ketua PWNU Jakarta. Program utamanya yang dikutip dari pesan pendiri NU, KH Hasyim As'ari, yakni 'Ihya'u Amalil Fudhola' (menghidupkan amal yang bermartabat).

Baca juga : Mau Nyalon Ketua KNPI DKI, Ronny Bara Pratama Minta Restu Tokoh NU KH Muhyidin Ishak

"Salah satunya adalah menghidupkan kembali keteladanan para ulama dan tokoh Betawi. Jika terpilih ada tiga tokoh pejuang yang akan saya usulkan menjadi pahlawan nasional," imbuhnya. 

Pertama, "Panglima Perang Klender". Ulama bernama asli Muhammad Arif atau biasa dikenal dengan Haji Darip, adalah sosok yang melegenda. Bagi masyarakat Betawi di Jakarta Timur, khususnya kawasan Klender, nama Haji Darip sudah tak asing lagi.

"Dia dikenal sebagai ulama sekaligus pemimpin perlawanan terhadap kompeni Belanda dan Jepang," ungkap Gus Jazil.

Tokoh kedua yakni seorang ulama Jakarta atau Betawi dari akhir abad ke-19 dan awal ke-20, yakni Guru Marzuki.

Baca juga : Setia Ke AHY, Anggota DPRD DKI Ini Galang Dukungan Dari Warga

Kemudian, tokoh selanjutnya menurut Gus Jazil adalah Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi, atau dikenal dengan nama Habib Ali Kwitang .

"Beliau ini salah seorang tokoh penyiar agama Islam terdepan di Jakarta pada abad 20. Beliau juga pendiri dan pimpinan pertama pengajian Majelis Taklim Kwitang yang merupakan satu cikal-bakal organisasi-organisasi keagaaman lainnya di Jakarta," tandasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.