Dark/Light Mode

Kembangkan SDM Parekraf

Sandi Teken Kerjasama Dengan Unhas

Senin, 21 Juni 2021 16:02 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (tengah). (Foto: Ist)
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (tengah). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menandatangani kerjasama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Penandatanganan kerja sama pengembangan SDM pariwisata itu diteken Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) dan Rektor Unhas Prof Dwia Ariestina Pulubuhu. Turut hadir dalam acara itu, Ketua Majelis Wali Amanat Komjen (Purn) Syafruddin, Ketua Senat Akademik, Ketua Guru Besar, Para Dekan dan Civitas Akademika Unhas.

Baca juga : DPR: Kejaksaan Jangan Gentar

"Unhas adalah salah satu industri lahirnya SDM Unggul dan berdaya saing. Pada Era 90-an sosok Prof Achmad Amiruddin pernah Menjadi rektor, gubernur Sulsel, dan wakil ketua MPR sangat menginspirasi dengan konsep petik olah jual, sebuah konsep transformasi ekonomi dan inovasi industri yang berdaya saing," kata Sandi dalam keterangan resminya, Senin (21/6).

Sandi menjelaskan pada awal masa reformasi, Unhas melahirkan tokoh-tokoh nasional berpengaruh hingga sekarang. Seperti Prof Basri Hasanuddin, yang kemudian dipercaya Presiden Gus Dur menjadi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat. "Lalu Bapak HM Jusuf Kalla yang telah mengisi perjalanan kepemimpinan bangsa dalam kurun waktu 20 tahun reformasi. Di mana kini beliau dipercaya oleh dunia sebagai tokoh perdamaian," ungkap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu. 

Baca juga : Pemberian Kental Manis Sama Dengan Langgar Hak Anak

Tak terhitung juga berapa banyak alumni Unhas yang telah mewarnai pembangunan ekonomi dari berbagai jenjang pengabdian. Mulai kepala desa, kepala daerah, pejabat BUMN, saudagar tangguh, serta para profesor. "Hingga peneliti handal yang melahirkan karya akademis sebagai rujukan dalam penyusunan rencana pembangunan nasional," jelasnya. 

Dia mengapreasiasi kebijakan Unhas yang menuntut mahasiswanya mampu membangun karakter dan diri menjadi creative thinkers, creative leaders, agen pembaharu, serta pemimpin gerakan sosial dan ekonomi. Sehingga Tri Dharma perguruan tinggi dapat diwujudkan. "Kita semua optimis Indonesia akan mampu menjadi Bangsa yang kuat, maju dan menjadi pemenang dalam percaturan ekonomi dunia," papar mantan ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.