Dark/Light Mode

Tuman! Mensos Risma Ancam Pecat Oknum Pendamping PKH Nakal

Rabu, 30 Juni 2021 14:24 WIB
Mensos Tri Rismaharini di Pendopo Balai Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (29/6). (Foto: Ist)
Mensos Tri Rismaharini di Pendopo Balai Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (29/6). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Dugaan Kasus Penyalahgunaan KKS

Saat Mensos menerima laporan terkait dugaan penyalahgunaan KKS dengan lokasi di Desa Kanigoro, Kabupaten Malang, dia menginstruksikan pejabat Kemensos berkomunikasi dengan kepolisian untuk proses penyelidikan.

"Saya terima laporan kemudian menugaskan pejabat untuk komunikasi bersama Bareskrim Polri. Supaya lebih cepat, maka diminta langsung ke Polres Malang dan sudah satu minggu prosesnya," kata Risma.

Baca juga : Bikin Kartu Kuning Gratis, Menaker Ancam Setrap Petugas Nakal

Jika dugaan itu terbukti, oknum itu akan dipecat sebagai pendamping PKH. Ditambah dia juga harus menjalani hukuman pidana.

"Tuman! Jika itu terbukti akan dipecat sebagai pendamping PKH, sekaligus menghadapi hukum pidana," tegas Risma.

Usai ditunjuk sebagai Mensos, Risma getol membersihkan oknum nakal yang bermain-main dengan bantuan sosial menggandeng pihak Kepolisian dan Kejaksaan Agung (Kejagung).

Baca juga : KSAD Wujudkan Mimpi Anak Prajurit Penderita Tumor Kepala

"Sebenarnya di daerah lain juga ada, tapi masih dalam proses penyidikan. Polres Malang yang paling cepat," sebutnya.

Kasat Reskrim Polres Malang, AKP Donny Kristian Baralangi menyatakan, proses penyidikan kasus ini sudah berjalan. "Kami menunggu hasil audit dari BPKP Provinsi Jawa Timur. Setelah itu keluar akan gelarkan penetapan tersangka," ujar AKP Donny.

Dugaan pelaku atas kasus penyalahgunaan KKS di Desa Kanigoro ada satu orang berdasarkan penghitungan sementara Koordinator PKH Kabupaten Malang.

Baca juga : Pengembangan UMKM dan Pariwisata Halal Percepat Kebangkitan Ekonomi Lokal

"Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah dengan pelaku satu orang di Desa Kanigoro," pungkasnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.