Dark/Light Mode

Demi Keselamatan Kita Bersama

Jokowi: PPKM Darurat Berlaku Sabtu Besok, Rakyat Harus Disiplin Jalankan Prokes

Kamis, 1 Juli 2021 11:30 WIB
Presiden Jokowi saat mengumumkan pemberlakuan PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021, Kamis (1/7). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi saat mengumumkan pemberlakuan PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021, Kamis (1/7). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, mulai Sabtu (3/7) besok. Demi mencegah lonjakan kasus, yang antara lain dipicu oleh menyebarnya varian baru.

"Setelah mendapatkan banyak masukan dari para menteri, para ahli kesehatan dan para kepala daerah, saya memutuskan memberlakukan PPKM Darurat sejak tanggal 3 Juli hingga 21 Juli 2021, khusus di Jawa dan Bali," ujar Jokowi dalam keterangan pers virtual yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/7).

Baca juga : Teten Harap Pelaku Pariwisata Bali Jangan Kendor Terapkan Prokes

Jokowi menambahkan, PPKM Darurat ini akan meliputi pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat, dibanding yang selama ini sudah berlaku. Aturan rinci terkait PPKM Darurat, akan dijelaskan Menko Kemaritiman dan Investasi yang telah ditunjuk menjadi Komandan PPKM Darurat Jawa Bali, Luhut Binsar Pandjaitan pada Kamis (1/7) siang.

"Saya minta masyarakat disiplin mematuhi pengaturan ini, demi keselamatan kita semua. Pemerintah akan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada, untuk mengatasi penyebaran Covid. Seluruh aparat negara, TNI Polri maupun Aparatur Sipil Negara, dokter dan tenaga kesehatan harus bahu-membahu, bekerja sebaik-baiknya menangani wabah ini. Jajaran Kementerian Kesehatan juga akan terus meningkatkan kapasitas RS, fasilitas isolasi terpusat dan  ketersediaan obat-obatan, alat kesehatan, hingga tangki oksigen," papar Jokowi.

Baca juga : Jokowi: Indonesia Akan Terus Berpihak Pada Rakyat Palestina

"Saya minta seluruh rakyat Indo agar tetap tenang dan waspada, mematuhi ketentuan-ketentuan yang ada, disiplin menjalankan protokol kesehatan, dan mendukung kerja-kerja aparat pemerintah dan relawan dalam menangani Covid-19. Dengan kerja sama yang baik dari kita semua, dan atas ridho Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, saya yakin kita bisa menekan penyebaran Covid 19, dan memulihkan kehidupan masyarakat secara cepat," pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.