Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dirjen HKI: Kita Menghargai Hak Cipta

Senin, 5 Juli 2021 00:01 WIB
Sarasehan Perhimpunan Penulis Satupena yang bertema HKI: Copyright atau Copyleft yang digelar secara daring pada Minggu (4/7)
Sarasehan Perhimpunan Penulis Satupena yang bertema HKI: Copyright atau Copyleft yang digelar secara daring pada Minggu (4/7)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah berkomitmen melindungi  dan hargai hak cipta konsumen berdasarkan Undang-undang No 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta

Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Freddy Harris mengatakan, hak cipta khususnya soal copyright atau copyleft yang dianut Indonesia saat ini adalah rezim ekonomi dengan didasarkan UU Hak Cipta

“Tapi, apabila kita mau melepas sisi ekonomi dari hak cipta itu silakan, tapi negara melindungi sisi ekonomi,” ujar Freedy dalam Sarasehan Perhimpunan Penulis Satupena yang bertema “HKI: Copyright atau Copyleft” yang digelar secara daring pada Minggu (4/7)

Lebih lanjut Freddy mengatakan, dunia saat ini sangat dinamis, Indonesia  sudah terikat dengan berbagai perjanjian yang menghargai hak cipta dan menghargai hak intelektual, seperti Tiongkok di masa lalu yang membajak karya pihak lain.  

“Tapi saat ini China berubah, sudah menghargai UU Hak Cipta, termasuk UU disain industrinya sudah kuat,” katanya.

Dikatakan Freddy, Indonesia menggunakan rezim hak cipta yang harus dipatuhi demi melindungi hak ekonomi. 

Baca juga : Bertemu Dirjen WHO, Prabowo Bahas Penanganan Covid-19

”Yang hanya bisa dilakukan atau copyleft adalah hak ekonominya saja, hak ciptanya tidak bisa. Contoh buku karya Okky Madasari sampai kapanpun karya dia, hanya saja penjualan dan lainnya beda. Sampai hari ini copyleft  hanya 0,1%, jadi kecil dan tidak bisa berkembang, ”ujarnya. 

Namun Freddy menegaskan, bahwa Pemerintah jelas melindungi semua hasil kreativitas. Sedangkan hak moral tidak bisa dihapus. Kemenkumham juga sepakat bahwa Indonesia kuat dalam kretivitas dan ini keunggulan kita

“Jadi, kita tinggal pilih saja mau copyright atau copyleft. Yang jelas kita ingin melindungi hak moral dengan copyright,” katanya. 

Sementara itu  Konsultan Kreatif dan Ketua Federasi Serikat Musisi Indonesia, Chandra Darusman menyinggung sejarah lahirnya hak cipta dan polemik copyright dan copyleft.  

“Saya setuju. Kedua hal itu bisa hidup berdampingan, hanya saja kubu satu agak genit dan overacting dan membuat ketersinggungan,” kata Chandra.

Hak Kekayaan  Intelektual  itu menurutnya, terdiri atas Hak Industraial dan Hak Cipta.Hak industrial terdiri atas hak paten, merek, indikasi geografis, desain, rahasia dagang (formula) 

Baca juga : Puan Makin Gesit

“Nah, yang kita bahas di sini menyangkut bidang seni, sastra dan ilmu pengetahuan sebagai hak cipta (ekspresi),” katanya. 

Hak cipta juga middle way,  Indonesia menggunakan istilah hak cipta tahun 1982 untuk menjadi kompromi atas dua mazhab

“Karena copy right bersifat teritorial, maka ada pembajakan di luar negeri kemudian muncul kesepakatan atau Berne Convention 1886 yang diprakarsai oleh ALAI atau Asosiasi Penulis yang diketuai oleh Vivtor Hugo. Di Berne Convenstion pun tidak disebut Copyright,” ujar Chandra menyinggung hak cipta . 

Dikatakan, Amerika Serikat (AS) mencari keseimbangan antara copyright dan copyleft. Ada juga yang sangat fanatik, harus dihilangkan dimuka bumi copyright itu. Juga ada partai di swedia yang menginginkan agar copyright dihilangkan.  

“Saya agak setuju kadang-kadang copyright atau authors right agak overacting. Seumur hidup plus 50 tahun hak cipta. Bahkan di AS, 100 tahun, itu overacting, karena ada kepentingan ekonomi yang besar di situ,” katanya. 

Lain lagi pandangan novelis Okky Madasari. Dia mengatakan, ketika bicara soal copyright dan copyleft seharusnya menempatkan kontrol sebuah kreasi di tangan kreator. 

Baca juga : Menaker Minta Pengusaha dan Pekerja Perkuat LKS Tripnas

“Keputusan kreatornya yang menentukan apakah di akan digunakan cara konvensional atau memilih cara ala copyleft di mana seseorang mendistribusikan dan membaca dengan bebas,” ucapnya 

Pada Desember  2019, Okky menerbitkan buku “Genealogi  Sastra Indonesia: Kapitalisme, Islam, Dan Sastra Perlawanan”  dan sengaja mempublikasikan karya secara bebas .

“Saya sadar dan bahwa keuntungan ekonomi tidak sebatas hanya soal uang, tapi kita ingin dapat benefit lain. Tapi saya ingin buku itu banyak dibaca dan didiskusikan banyak orang,” jelasnya. 

“ Bahkan menjualnya Ketika saya melakukan itu, dampaknya luar biasa, meski bukan popular, didiskusikan banyak orang, termasuk komunitas di kampung, jika konvensional membeli akan berat,” papar Okky.  [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.