Dark/Light Mode

Menaker Minta Pengusaha dan Pekerja Perkuat LKS Tripnas

Senin, 14 Juni 2021 23:30 WIB
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengadakan pertemuan dengan Badan Pekerja Lembaga Kerja Sama Tripartit Nasional (LKS Tripnas) di Bogor, Jawa Barat, Senin (14/6/2021). Acara bertajuk Temu Muka itu membahas hal-hal strategis, dalam rangka penguatan kelembagaan LKS Tripartit Nasional.

Ida menyatakan, LKS Tripnas merupakan lembaga penting dan strategis. Tugasnya, memberikan pertimbangan, saran, dan pendapat kepada Presiden Joko Widodo, serta pihak terkait dalam penyusunan kebijakan dan pemecahan masalah ketenagakerjaan secara nasional.

Baca juga : Menaker Apresiasi Pembangunan Pusdiklat FSPMI

"Karena itu, kedudukan lembaga ini memberikan dampak signifikan dalam pembangunan ketenagakerjaan," kata Ida, yang juga Ketua LKS Tripnas itu, dalam keterangan rilisnya, Senin.

Kepada LKS Tripnas, politisi PKB itu mengingatkan agar terus menguatkan posisi dari sisi kelembagaan, serta melalui representasi dari unsur masing-masing. Supaya ke depannya terus menciptakan keharmonisan iklim ketenagakerjaan. Ia juga mendorong LKS Tripnas mampu adaptif dan inovatif dalam menyikapi dinamika ketenagakerjaan Indonesia dan dunia.

Baca juga : Jakarta Genting, Kapolda Dan Pangdam Jaya Rapat Di Kantor Anies

"Ini tantangan yang harus dijawab teman-teman LKS Tripartit, mengingat dinamika ketenagakerjaan yang terus berubah cepat," jelasnya.

Sedangkan Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jamsos Kemnaker (PHI-Jamsos), Indah Anggoro Putri, menambahkan perlunya strategi LKS Tripnas membantu pemerintah memberikan solusi konkret, guna menghadapi pandemi Covid-19. Khususnya terkait ancaman Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang terus terjadi.

Baca juga : Kompak, Kemnaker-Pengusaha-Asosiasi Pekerja Main Futsal

"Dalam waktu dekat kami akan mengadakan forum pertemuan untuk membahas roadmap ketenagakerjaan, untuk nantinya mendapatkan rekomendasi konkrit dari sisi pemerintah, serikat pekerja maupun pengusaha," papar Putri.

Temu Muka ini dihadiri Plt Direktur Kelembagaan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial, Surya Lukita Warman; Wakil Ketua LKS Tripnas dari Unsur Organisasi Pengusaha, Myra Maria Hanartani; dari Unsur Serikat Pekerja/Serikat Buruh, Pudji Santoso, dan para anggota Badan Pekerja LKS Tripartit. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.