Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bertemu Dirjen WHO, Prabowo Bahas Penanganan Covid-19

Kamis, 1 Juli 2021 17:59 WIB
Menhan Prabowo Subianto bertemu Direktur Jenderal WHO Tedros A. Ghebreyesus di Kantor Pusat WHO, Jenewa, Swiss, Rabu (30/6).
Menhan Prabowo Subianto bertemu Direktur Jenderal WHO Tedros A. Ghebreyesus di Kantor Pusat WHO, Jenewa, Swiss, Rabu (30/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto bertemu Direktur Jenderal (Dirjen) WHO, Tedros A Ghebreyesus di Kantor Pusat WHO, Jenewa, Swiss, Rabu (30/6).

Pertemuan tersebut, membahas penanganan pandemi Covid-19 dan isu keamanan kesehatan lainnya.

Dalam siaran persnya, Prabowo menyampaikan apresiasi kepada WHO atas pengembangan Covid-19 Partners Platform sebagai wadah yang memfasilitasi koordinasi antar negara dan mitra untuk penanganan pandemi Covid-19.

Salah satu aspek yang diangkat oleh Menhan adalah upaya penguatan kapasitas Indonesia, terkait dengan keamanan kesehatan di Indonesia.

Baca juga : Satpol PP Tanah Abang Bantu Evakuasi Jenazah Warga Covid-19

Khususnya, Kementerian Pertahanan dan sumber daya pertahanan dalam menghadapi pandemi Covid-19, serta mendukung kesiapsiagaan Indonesia untuk menghadapi kedaruratan kesehatan di masa mendatang.

Dalam pertemuan itu, disampaikan pula bahwa guna memperkuat kesiapsiagaan untuk menghadapi tantangan kesehatan masa depan, Indonesia berencana membangun Center of Excellence di bidang Keamanan Kesehatan pada tingkat provinsi.

Inisiatif ini akan memperkuat kapasitas Indonesia dalam mendeteksi, menangkal dan menghadapi tantangan kesehatan masa depan pada tingkat provinsi.

"Hal ini juga akan memperkuat kapasitas 110 rumah sakit militer dalam penanganan Covid-19, termasuk memastikan penyediaan layanan kesehatan dasar selama pandemik," kata Prabowo.
 
Inisiatif tersebut, disambut baik oleh Direktur Jenderal WHO, Tedros A. Ghebreyesus. Ia menegaskan, kesiapannya untuk mendukung dan memfasilitasi upaya Indonesia dalam memperkuat kesiapan kapasitas nasional guna menghadapi kedaruratan kesehatan. Termasuk pemanfaatan fasilitas dan aset kesehatan di Kementerian Pertahanan dan TNI.

Baca juga : TNI Kirim 176 Nakes Akmil Bantu Penanganan Covid-19 Di Jakarta

Tedros mengapresiasi kedatangan Menhan RI untuk memperdalam kerja sama penanganan kesehatan nasional, regional dan global.

Apresiasi khusus disampaikan Dirjen WHO dan pejabat WHO lainnya yang hadir dalam pertemuan ini atas komitmen kuat Indonesia pada agenda kolaborasi sipil-militer dalam penanganan kedaruratan kesehatan publik dan bencana alam serta agenda global lainnya seperti penguatan kapasitas di bidang chemical, biological, radiological and nuclear defense.

Hal ini sejalan dengan pendekatan WHO untuk memastikan keterlibatan semua elemen negara dan masyarakat dalam penanganan pandemi.

Tedros dan Prabowo juga sepakat untuk menindaklanjuti sejumlah kerja sama dalam merespon pandemi, baik yang bersifat segera seperti ketersediaan alat kesehatan maupun jangka panjang, termasuk penguatan kapasitas tenaga kesehatan militer dan pendirian sejumlah pusat ketahanan biologi.

Baca juga : Pertemuan Di GBK, Sekjen PPP: Fokus Penanganan Covid-19

Dalam pertemuan tersebut, Menhan didampingi oleh Kuasa Usaha ad interim (KUAI) PTRI Jenewa, Duta Besar Grata E. Werdaningtyas, serta Asisten Khusus Menhan RI. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.