Dark/Light Mode

Banyak Masjid Gelar Shalat Idul Adha

Anies Gondok, Gibran Santai

Rabu, 21 Juli 2021 07:20 WIB
Warga Johar Baru, Jakpus menggelar shalat Idul Adha secara berjemaah di masjid tanpa menerapkan protokol kesehatan, Selasa (20/7/2021). (Foto: Tangkapan Layar Seputar iNews)
Warga Johar Baru, Jakpus menggelar shalat Idul Adha secara berjemaah di masjid tanpa menerapkan protokol kesehatan, Selasa (20/7/2021). (Foto: Tangkapan Layar Seputar iNews)

 Sebelumnya 
Berdasarkan laporan yang masuk ke pengurus, tercatat ada 36 masjid di Jakarta yang menggelar shalat Idul Adha berjamaah. Menurutnya, jumlah tersebut kemungkinan bertambah lagi.

Kondisi yang sama juga terjadi di Solo, Jawa Tengah. Sejumlah masjid di wilayah yang dipimpin Gibran Rakabuming ini juga tetap menggelar shalat Id berjamaah. Menurut Satgas Covid-19 Surakarta itu, hampir sebagian besar masyarakat melaksanakan shalat Idul Adha di masjid secara berjemaah. Namun, Satgas menyebut pelaksanaan shalat Idul Adha masih sesuai prokes.

Seperti yang terjadi di Masjid Agung Keraton Surakarta. Masjid bersejarah di Kota Batik itu tetap menggelar shalat Idul Adha berjemaah. Pelaksanaan ibadah menerapkan prokes ketat. Jemaah yang hadir pun dibatasi hanya penduduk di sekitar lingkungan masjid.

Baca juga : Kang Emil: Mari Taat Ulama Dan Pemimpin, Shalat Idul Adha Di Rumah Aja

Pembatasan jumlah jamaah ini, membuat masjid lebih lengang, tidak berdesak-desakan. Aturan jaga jarak di dalam masjid tetap diberlakukan. Setiap anggota jemaah juga sudah membawa sajadah dari rumah. Seluruh jemaah mengenakan masker dengan tertib.

Apa tanggapan Gibran? Seharian kemarin, putra sulung Presiden Jokowi ini tidak memberikan keterangan pers terkait perayaan Idul Adha di Solo. Mengingat, sejak 14 Juli lalu, Gibran masih menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Gibran dinyatakan positif Corona dengan status orang tanpa gejala (OTG).

Namun lewat akun Instagram miliknya @gibran_rakabuming, Gibran mengunggah tulisan berupa harapannya di hari raya Idu Adha ini. Dalam unggahannya itu, Gibran berharap Hari Raya Idul Adha kali ini membuat masyarakat tangguh untuk bangkit melawan Corona.

Baca juga : Covid-19 Ngamuk Lagi, Mahfud: Shalat Idul Adha Di Rumah Aja

“Selamat merayakan Idul Adha 1442 Hijriah, semoga kita kian tangguh untuk bangkit melawan Covid!” kata Gibran lewat unggahannya tersebut.

Gibran mengunggah pula pernyataan bahwa Idul Adha ini merupakan momentum yang sangat penting untuk saling berbagi kepada sesama, meneladani keikhlasan, dan ketaatan yang diajarkan oleh para Nabi. Salah satunya, kecintaan untuk menjalin hubungan dengan Allah dan sesama manusia.

“Kecintaan habluminallah dan habluminannaas yang harus berjalan selaras akan saling menguatkan kita bersama untuk menghadapi wabah global ini,” tambah Gibran. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.