Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemendikbud Ristek Gelar Lomba Mencipta Dan Menyanyi Lagu Anak

Jumat, 23 Juli 2021 18:09 WIB
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim. (Foto: ist)
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim. (Foto: ist)

 Sebelumnya 
Dari masa ke masa, ajaran nilai-nilai budi pekerti luhur disisipkan oleh para pencipta lagu anak ke dalam lagu-lagu yang mereka ciptakan. Termasuk ajaran tentang cinta kasih pada keluarga dan sesama, alam Indonesia, kehidupan flora dan fauna, bahkan tentang adat dan budaya, seperti yang dimuat dalam lirik lagu Dolanan. 

Nilai-nilai tersebut adalah prinsip dasar yang diperlukan seorang anak untuk mengenal identitas diri sebagai anak Indonesia. Ini adalah bekal penting untuk seorang anak tumbuh berkembang menjadi manusia berbudi luhur, peduli pada sesama, dan mencintai bangsanya.

Baca juga : Momentum HAN 2021, Menteri Bintang Ajak Masyarakat Penuhi Hak Anak

Kontes KILA 2021 diselenggarakan secara profesional mencakup Lomba Cipta Lagu Anak untuk kelompok usia PAUD dan SD dan Lomba Menyanyikan Lagu Anak untuk kelompok usia PAUD dan SD. Para peserta lomba menyanyi juga akan diminta untuk menyanyikan lagu-lagu baru ciptaan para peserta Lomba Cipta Lagu Anak 2020. Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Ahmad Mahendra menjelaskan penyelenggaraan KILA. 

Untuk menjamin profesionalisme dan kemandirian maka tim Juri KILA 2021 akan dilakukan oleh perwakilan Kemendikbudristek, pelaku atau pengamat musik Indonesia, pelaku atau pengamat video musik, pelaku atau pengamat industri rekaman, serta perwakilan KITA Indonesia. 

Baca juga : KPK Setor Rp 10 Miliar Uang Pengganti Dan Denda Ke Kas Negara

Koordinator Kita Indonesia Dhenok Bintarno mengatakan, ajang ini untuk menambah khasanah lagu anak di Indonesia. Ia mengajak masyarakat ikut serta dalam ajang ini. Tahun lalu, acara mendapat banyak sambutan. 

Tahun ini ia menaegetkan setidaknya ada 1.000 peserta yang mengikuti ajang ini. Pendaftaran gratis tidak dipungut biaya. Pendaftaran dimulai hari ini, Jumat (23/7) hingga 23 Agustus 2021. Untuk informasi lebih detail, ia mempersilakan calon peserta mengunjungi website agau media sosial resmi KITA Indonesia. [GO]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.