Dark/Light Mode

Kemenhub Rombak Asrama Sekolah Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Senin, 26 Juli 2021 17:31 WIB
Asrama Kemenhub yang dijadikan ruang isolasi untuk pasien Covid-19. (Foto: Dok. Kemenhub)
Asrama Kemenhub yang dijadikan ruang isolasi untuk pasien Covid-19. (Foto: Dok. Kemenhub)

 Sebelumnya 
Zulfikri menjelaskan, jumlah penderita Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri sejak digunakan fasilitas asrama tersebut adalah sebanyak 236 orang dan yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 165 orang.

Kemudian, yang masih menjalani isoman sebanyak 71 orang di 3 lokasi yakni 56 orang di PTDI-STTD Bekasi, 2 orang di STIP Jakarta dan 13 orang di PPSDMAP. 

Baca juga : Swiss Beri Bantuan Alat Medis Untuk Indonesia Perangi Covid-19

Zulfikri juga mendorong agar kampus lain yang berada di beberapa wilayah di Indonesia bisa melakukan hal yang sama bekerjasama dengan Satgas Covid-19 dan pemerintah setempat. 

Sekolah lainnya, kata Zulfikri, yang saat ini menjadi lokasi isolasi mandiri diluar Jabodetabek adalah Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) di Kabupaten Tabanan Bali. 

Baca juga : AP II Siap Dukung Warga Yang Jalani Isolasi Mandiri Covid-19

"Untuk asrama Poltrada Bali memiliki kapasitas sebanyak 280 tempat tidur, hingga hari ini total masyarakat yang telah menjalani isoman sebanyak 45 orang dan yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 12 orang sehingga yang masih menjalani isolasi mandiri sebanyak 33 orang," ujarnya.

Ia telah meminta agar kampus yang dijadikan lokasi isolasi mandiri tersebut melakukan kerja sama dengan rumah sakit setempat dalam penyediaan tenaga medis dan penanganan lebih lanjut jika terdapat pasien yang mengalami gejala sedang hingga berat.

Baca juga : Di Jateng, Partai Gelora Sediakan Ambulance Gratis Untuk Pasien Covid-19

"Selain menyediakan tempat, lokasi isoman ini juga menyediakan makanan, makanan ringan, obat-obatan dan vitamin yang dibutuhkan serta pendampingan tim medis," ujar Zulfikri. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.