Dark/Light Mode

Soal Penanganan Covid-19

Tak Benar Wapres Tegur Keras Gubernur Khofifah

Selasa, 27 Juli 2021 15:42 WIB
Juru Bicara Wapres KH Masduki Baidlowi. (Foto: Ist)
Juru Bicara Wapres KH Masduki Baidlowi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin dibenturkan oleh sejumlah pihak dengan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indah Parawansa.

Keduanya dibenturkan secara personal setelah agenda Koordinasi virtual Wakil Presiden dengan Gubernur, Bupati, Walikota dan Satgas Covid-19 se-Jatim, Rabu (21/7) lalu. Wapres disebut menegur keras secara tertulis Gubernur Khofifah terkait penanganan Covid-19.

"Padahal, kenyataannya tidak demikian. Tidak ada teguran khusus dari Wapres kepada Gubernur Jatim, semuanya berlangsung baik-baik saja. Apalagi teguran keras, tidak ada," kata Juru Bicara Wapres KH Masduki Baidlowi kepada RM.id, Selasa (27/7).

Baca juga : Wapres Marahnya Terlalu Santun

Kata Cak Duki, sapaan Jubir Wapres, rapat koordinasi yang dilakukan Kiai Ma'ruf dengan sejumlah Gubernur pada dasarnya untuk mencari solusi terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19.

Bahkan, lanjutnya, banyak apresiasi yang diberikan mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu kepada Gubernur Jatim.

Diterangkannya, Wapres secara intensif berkoordinasi penanganan Covid-19 dengan beberapa gubernur, mulai Banten (14/7), Jatim (21/7), Jawa Barat (22/7), dan Jawa Tengah (23/7). Penting dipahami, bahwa di setiap provinsi, Wapres menyampaikan monitor dan evaluasi atas beberapa aspek yang perlu diperbaiki, dipacu, dikoordinasikan, dan diintensifkan.

Baca juga : Wapres: Penanganan Covid-19 Butuh Ekstra Kerja Keras

Terutama terkait empat hal yakni penerapan PPKM Darurat, testing, tracing, dan treatment (3T), vaksinasi, dan  distribusi Bansos. Termasuk penyerapan anggaran dan koordinasi antar gubernur, bupati/walikota, dan TNI/Polri, serta pemerintah pusat.

Dengan demikian, tegas Cak Duki, bukan hanya Jatim yang disorot oleh Wapres, tapi semua provinsi. Tiap provinsi ada problematikanya sendiri-sendiri yang mendapat catatan Wapres. Atas evaluasi Wapres, para gubernur telah mengklarifikasi dan progress penanganan terkininya di lapangan.

"Terhadap kemajuan itu, Wapres memberi apresiasi, misalnya atas tingginya vaksinasi di Mojokerto, Jawa Timur," sebut Cak Duki.

Baca juga : Bantu Penanganan Covid-19, Toyota Donasi Rp 1,55 M

Atas keluhan dan kekurangan fasilitas dan daya dukung di daerah, Wapres juga langsung mengkoordinasikan dengan para menteri dan pejabat terkait untuk memberi dukungan, seperti Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, dan kepala BNPB.

"Misalnya terkait ketersediaan vaksin, pemenuhan kebutuhan oksigen, dan sebagainya. Penting dicatat, Wapres bukan hanya melakukan sorotan kritis, tapi juga memberi apresiasi dan motivasi pada capaian kemajuan di daerah," pungkas Cak Duki. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.