Dark/Light Mode

Triwulan I 2019, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Capai 5,07 Persen

Senin, 6 Mei 2019 15:08 WIB
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto (depan). (Foto: Humas Setkab RI).
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto (depan). (Foto: Humas Setkab RI).

 Sebelumnya 
Berdasarkan sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan I-2019 (y-on-y), lanjut Kepala BPS, sumber pertumbuhan tertinggi berasal dari Komponen  Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga  (PK-RT) sebesar 2,75 persen, diikuti Komponen PMTB sebesar 1,65 persen.

Sementara sumber pertumbuhan ekonomi dari komponen lainnya sebesar 0,67 persen.

Baca juga : Koalisi Indonesia Kerja di DPR Bisa Bertambah Lagi

Kontraksi Pertumbuhan

Kepala BPS Suhariyanto memaparkan, ekonomi Indonesia triwulan I-2019 terhadap triwulan IV-2018 (q-to-q) terkontraksi sebesar 0,52 persen.

Baca juga : HSBC Ramal Ekonomi Indonesia Bakal Melesat

Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan negatif yang terjadi hampir di seluruh komponen PDB pengeluaran, kecuali Komponen PK-LNPRT dan Komponen PK-RT yang tumbuh masing-masing sebesar 6,58 persen dan 0,04  persen.

Ia menyebutkan, struktur perekonomian Indonesia secara spasial pada triwulan I-2019 masih didominasi oleh kelompok provinsi di Pulau Jawa yang memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto sebesar 59,03 persen.

Baca juga : Perbaikan Sistem Kelistrikan Bengkulu Sudah Capai 74,38 Persen

Kemudian diikuti oleh Pulau Sumatera sebesar 21,36 persen, Pulau Kalimantan 8,26 persen; dan Pulau Sulawesi 6,14 persen; serta sisanya 5,21 persen disumbangkan pulau-pulau lainnya yang meliputi Bali dan Nusa Tenggara, serta Maluku dan Papua masing-masing sebesar 3,02 persen dan 2,19 persen.[SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.