Dark/Light Mode

Malam Ini Risma Terbang Ke Papua, Bagi-bagi Mesin Jahit

Jumat, 6 Agustus 2021 13:25 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kanan) menerima bantuan mesin jahit Singer, di Kantor Kemensos, Jakarta, Jumat (6/8). (Foto: Dok. Kemensos)
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kanan) menerima bantuan mesin jahit Singer, di Kantor Kemensos, Jakarta, Jumat (6/8). (Foto: Dok. Kemensos)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Sosial (Kemensos) akan meningkatkan partisipasi warga Papua dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang rencananya dihelat pada Oktober 2021. Sebagai bentuk besarnya perhatian Pemerintah, Kemensos akan memberikan penguatan kemampuan vokasional warga Papua dengan bimbingan menjahit kaos, cenderamata, dan souvenir.

“Kami akan mengajari anak-anak Papua dengan keterampilan menjahit kaos, cenderamata, dan souvenir yang bisa disajikan pada PON XX, Oktober nanti. Saya akan membawa beberapa unit mesin jahit ke Papua,” kata Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, saat menerima bantuan mesin jahit, di Kantor Kemensos, Jakarta, Jumat (6/8).

Kemensos menerima bantuan 100 unit mesin jahit Singer. Acara seremonial penyerahan mesin jahit dilakukan di Lobi Utama Kantor Kemensos. 

Baca juga : Wajib Tahu, 15 Komorbid Ini Bisa Bikin Orang Kena Covid Gejala Berat

“Saya yakin bantuan mesin jahit ini sangat bermanfaat, terutama dalam masa pandemi. Terima kasih kepada para distributor mesin jahit Singer yang sudah tergerak memberikan bantuan,” kata Mensos.

Mantan Wali Kota Surabaya ini menambahkan, bantuan mesin jahit itu diharapkan memperkuat produktivitas warga Papua, yang kemudian meningkatkan penghasilan mereka. Rencananya, sebagian mesin jahit akan dibawa bersamaan dengan kunjungan Risma ke Papua, malam ini.

Mesin jahit juga akan didistribusikan ke kelompok marjinal, termasuk pemulung. “Karena ada pemulung yang memiliki kemampuan menjahit juga. Mereka bisa membuat masker yang nanti kita beli lalu kita berikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” terang Risma. 

Baca juga : Bulan Ini, Indonesia Terima 45 Juta Dosis Vaksin Covid

Kemensos menaruh perhatian penuh kepada pemberdayaan kelompok marjinal, seperti gelandangan, pemulung, dan penyandang disabilitas, dengan dukungan penguatan kemampuan vokasional. Sejak awal menjabat, Risma menginisiasi pembentukan Sentra Kreasi Atensi (SKA) 

Melalui SKA, penerima manfaat diberikan bimbingan sosial psikologis, pelatihan vokasional dan pembinaan kewirausahaan seperti mengolah kompos, pupuk cair, sayuran hidroponik, telur ayam dan magot (pakan ikan lele) serta agrowisata tanaman porang dan anggur. Di SKA, mereka juga diberikan pendampingan dan penguatan kewirausahaan dengan menyediakan stand/gerai seperti usaha kafe, laundry, batik, hasil kerajinan tangan, dan juga toko kelontong.

Kini, gerai SKA tersebar di berbagai lokasi. Seperti Balai Pangudi Luhur Bekasi, Balai Besar Kartini Temanggung, Balai Antasena Magelang, Balai Ciungwanara Bogor, Balai Mulyajaya Jakarta, Balai Toddopuli Makassar, Balai Mahatmiya Bali, Balai Paramita Mataram, Balai Dharma Guna Bengkulu, dan Balai Nipotowe Palu. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.