Dark/Light Mode

KSP Moeldoko: Covid Itu Kayak Balon, Ditekan Di Sini, Muncul Di Sana

Jumat, 6 Agustus 2021 18:13 WIB
Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah) dalam konferensi pers di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Jumat (6/8). (Foto: Istimewa)
Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah) dalam konferensi pers di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Jumat (6/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko mengibaratkan pandemi Covid-19 seperti balon. Bisa jadi stabil di suatu titik, tapi muncul tekanan di titik lain.

Hal itu tergambar dalam situasi saat ini. Saat situasi Covid di Pulau Jawa mulai melandai,  di luar Jawa justru mengalami peningkatan.

"Kondisi Covid ini dinamis. Seperti balon. Tekan di sini, bisa muncul di sana. Situasinya seperti itu," kata Moeldoko saat mengunjungi Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (6/8).

Baca juga : Kasus Covid Masuk 4 Besar, Banten Disemprit Kiai Maruf

Hal serupa, menurutnya, juga terjadi di luar negeri. Awalnya tenang, tiba-tiba muncul gelombang baru.

"Selalu seperti itu. Pola musuh seperti ini, harus dikenali dengan baik oleh kita semua," ungkap mantan Panglima TNI itu.

"Kasus harian di Pulau Jawa semakin menurun, tapi kita sedang siaga. Waspada penuh, terjadi peningkatan di Bali dan luar Jawa," ujar Moeldoko.

Baca juga : Kena Covid Lebih Dari Sekali, Mungkinkah?

Diketahui, dua pekan lalu penyebaran Corona di Bali dan luar Jawa hanya 13 ribu kasus. Namun belakangan, naik kembali hingga 16 ribu kasus.

"Presiden pun mewaspadai situasi tersebut. Kondisi yang ada di luar Jawa dan Bali ini harus diperhatikan," tegas Moeldoko. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.