Dark/Light Mode

RS Ekstensi Rujukan Covid Terus Bertambah

Erick: Ini Bukti Kolaborasi Dan Komitmen Solid Tekan Pandemi

Minggu, 8 Agustus 2021 20:28 WIB
Dari kiri: Dirut Pertamina IHC Dr.dr. Fathema Djan Rachmat, Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat meninjau RS Bintang Amin Ekstensi Asrama Haji Lampung, Minggu (8/8). (Foto: Humas BUMN)
Dari kiri: Dirut Pertamina IHC Dr.dr. Fathema Djan Rachmat, Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat meninjau RS Bintang Amin Ekstensi Asrama Haji Lampung, Minggu (8/8). (Foto: Humas BUMN)

 Sebelumnya 
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, pengalihan fungsi asrama haji menjadi fasilitas kesehatan untuk penanganan pasien Covid-19 merupakan komitmen bersama untuk menanggulangi kebutuhan ruang rawat untuk gejala berat dan kritis yang terus meningkat.

Yaqut menjelaskan, saat ini, Kementerian Agama memiliki 31 asrama haji di seluruh Indonesia. Sebanyak 25 siap digunakan untuk keperluan penanganan Covid-19, baik untuk RS Darurat maupun untuk keperluan isoman.

Baca juga : Kendalikan Emisi, Indonesia Komitmen Pada Perdagangan Karbon

"Kolaborasi dengan Kementerian BUMN dan juga Pertamedika IHC saat ini, merupakan bentuk komitmen kami untuk mencari solusi bersama. Agar pasien dengan gejala berat bisa segera ditangani," tutur Yaqut.

Terkait hal ini, Dirut Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, dukungan yang diberikan terhadap RSPJ Ekstensi ini merupakan bukti bakti Pertamina terhadap negara dan pemerintah, dalam membantu menyediakan fasilitas layanan kesehatan Covid-19 kepada masyarakat.

Baca juga : Menteri Siti: Indonesia Komitmen Atasi Perubahan Iklim

"Kami menjalankan fungsi services oriented yang ditekankan Kementerian BUMN, agar perusahaan BUMN yang menyangkut harkat hidup orang banyak, juga dapat memberikan layanan kepada rakyat yang langsung dirasakan di tengah situasi kritis seperti ini," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamedika IHC Dr.dr. Fathema Djan Rachmat optimis, fasilitas ini mampu membantu masyarakat Lampung dan sekitarnya untuk menekan angka kasus Covid-19, yang sampai saat ini masih terus terjadi peningkatan.

Baca juga : Di Amerika, Indonesia Tegaskan Komitmen Tangani Pandemi

Menurutnya, RS Bintang Amin di Lampung ini terealisasi berkat dukungan penuh dari Kementerian BUMN, Kementerian Agama, dan PT Pertamina (Persero).

"Kami bergerak cepat menyiapkan rumah sakit dengan penerapan alih fungsi bangunan Asrama Haji menjadi Rumah Sakit Khusus, yang dilengkapi dengan alat serta fasilitas yang mampu menangani pasien Covid-19 dari yang bergejala sedang hingga kritikal," tandas Fathema. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.