Dark/Light Mode

Asyik, Dana Hibah Parekraf Cair Akhir Agustus 2021

Jumat, 20 Agustus 2021 14:26 WIB
Menparekraf, Sandiaga Uno
Menparekraf, Sandiaga Uno

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar baik, dana Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) dan dana hibah bagi sektor pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) yang terdampak pandemi Covid-19 akan disalurkan pada akhir Agustus atau September 2021. 

"BIP sudah masuk ke tahap final, dan kita harapkan akhir Agustus atau September 2021 awal sudah cair," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno dalam keterangan resminya, Jumat (20/8).

Sandi menjelaskan, setelah rancangan tersebut direview oleh Kementerian Keuangan dan Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN), dana hibah yang tahun lalu diberikan, kini dalam proses transformasi menjadi Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pariwisata.

Baca juga : Kisah Nabi Daud Jadi Inspirasi Partai Gelora Hadapi Pemilu 2024 

Sandi berharap, penyaluran bantuan tersebut dapat segera terealisasi karena para pelaku usaha Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) kini dalam keadaan terpuruk. 

Bantuan yang diberikan pun diyakini dapat mempertahankan bisnis sekaligus mencegah adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Karena ini sudah dalam keadaan yang berat sekali untuk temen-temen yang bergerak di sektor parekraf," ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu. 

Baca juga : Uji Coba Lancar, Kereta Bandara YIA Beroperasi Mulai 17 Agustus 2021

Sejalan dengan terkendalinya kasus Corona, lanjutnya, kegiatan masyarakat akan kembali dilonggarkan. Namun tetap mengacu protokol kesehatan ketat dan disiplin berbasis CHSE: Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability. 

Karena itu, Sandi akan mempertebal koordinasi dengan para pelaku parekraf, serta memperbanyak kegiatan-kegiatan yang memberikan stimulus ekonomi. 

Pria yang akrab disapa Mas Menteri ini optimis, lewat inovasi, adaptasi dan kolaborasi, sektor parekraf nasional, khususnya bisnis MICE dapat bertahan melewati badai pandemi. 

Baca juga : Ini, Skema Bantuan Subsidi Upah Pekerja 2021

"Semoga kebersamaan kita bisa meningkatkan, bukan hanya resiliensi tapi juga yang disebut Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh," terang Sandi. [UMM]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.