Dark/Light Mode

Cetak SDM Unggul

Menko PMK Buka Digital Talent Scholarship Tahun 2021

Senin, 23 Agustus 2021 22:35 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy. (Foto: Dok. Kemenko.PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy. (Foto: Dok. Kemenko.PMK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Munculnya pandemi Covid-19 yang menyebar di seluruh dunia telah memacu penggunaan teknologi digital tersebut secara global.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah saat ini tengah berfokus membangun Sumber Daya Manusia Indonesia (SDM) unggul dan berdaya saing di bidang teknologi digital.

Baca juga : Kembangkan UMKM Digital, Smartfren Raih Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Muhadjir mengatakan, Indonesia saat ini tengah menyongsong 100 tahun usia kemerdekaan pada tahun 2045 mendatang. Maka dari itu, SDM yang mampu menguasai teknologi informasi digital mutlak untuk dipersiapkan sejak sekarang.

"Teknologi digital merupakan modalitas utama dalam pembangunan manusia Indonesia untuk menghadapi dinamika global yang penuh tantangan di saat pandemi ini maupun ke depan nanti" ujarnya dalam pembukaan program Digital Talent Scholarship 2021 yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo, secara daring, pada Senin (23/8).

Baca juga : DPR Pakai GeNose Di Sidang Tahunan 2021

"Pandemi ini mendorong terjadinya perubahan struktural yang sangat cepat. Semua harus mampu dengan cepat mengadopsi dan beradaptasi dengan digitalisasi," ujar Muhadjir.

Lebih lanjut ia mengatakan, pandemi Covid-19 telah memaksa semua untuk melakukan transformasi dan mengadopsi teknologi digital jauh lebih awal dari pada yang diperkirakan. Misalnya dalam aspek kesehatan telah muncul ragam inovasi dan invensi teknologi kesehatan.

Baca juga : Menko PMK Serukan Pemda Kebut Proses Vaksinasi Tahap Pertama

Dalam aspek ekonomi muncul perekonomian digital. Dalam aspek pendidikan, pembelajaran daring menjadi hal lumrah. Mantan Mendikbud itu menerangkan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menyiapkan SDM Indonesia yang unggul di bidang teknologi digital dan bidang lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.