Dark/Light Mode

Berlaku Mulai 16 Agustus

DPR Pakai GeNose Di Sidang Tahunan 2021

Rabu, 11 Agustus 2021 17:49 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)
Ilustrasi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - DPR bakal memanfaatkan GeNose untuk memeriksa setiap orang yang masuk ke gedung DPR. Alat temuan Universitas Gadjah Mada (UGM) itu bakal digunakan mulai 16 Agustus 2021. "Selain tes swab antigen, kami menggunakan GeNose yang lebih efektif dan praktis," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar melalui keterangan tertulis, Rabu (11/8).

Salah satu tujuan penggunaan GeNose yaitu memperkuat pemeriksaan orang yang masuk ke DPR. Lembaga legislatif pusat itu telah menerapkan syarat setiap orang yang masuk wajib negatif covid-19 berdasarkan hasil rapid test antigen.

Baca juga : Jelang 17 Agustus, 958 Warga Ancol Sudah Divaksin

"Sehingga, metode pengamannya, protokol kesehatannya, menjadi berlapis," ungkap dia. Setjen DPR telah melakukan pelatihan penggunaan GeNose di kantor pelayanan kesehatan DPR pada Senin (9/8). Kualitas alat tersebut dinilai sudah teruji dan akurat.

Lebih jauh, dia menyampaikan penggunaan GeNose merupakan komitmen DPR memanfaatkan temuan anak bangsa. Langkah DPR tersebut diapresiasi Rektor UGM Panut Mulyono.

Baca juga : Mulai 1 Agustus, Bandara AP II Wajibkan Penumpang Pakai Aplikasi PeduliLindungi

"Kami sungguh merasakan betapa tingginya dukungan komisi IX pada inovasi dan penemuan terkait alat dan obat untuk mengatasi pandemi Covid ini," kata Panut.

Menurut dia, dukungan dari DPR semakin memotivasi para peneliti UGM lainnya dalam menghasilkan sebuah produk inovasi. Sehingga, berbagai temuan bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga : Bawa Milwaukee Bucks Juara, Giannis Sandang MVP Final NBA 2021

"Dukungan ini makin menguatkan UGM untuk terus berkiprah dan berkontribusi mencari solusi dari persoalan yang dihadapi bangsa, agar kita segera keluar dari krisis kesehatan dan ekonomi segera pulih," ujar dia. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.