Dark/Light Mode

Kampanye BBI Dan BWI

Mendag Ingin UMKM Di Sulawesi Naik Kelas

Jumat, 27 Agustus 2021 10:53 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi. (Foto: Instagram @mendaglutfi)
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi. (Foto: Instagram @mendaglutfi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus mengampanyekan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Wisata Indonesia (BWI). Kali ini, acaranya di Sulawesi Utara (Sulut). Dengan upaya ini, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi berharap pelaku UMKM, khususnya di Sulawesi naik kelas.

Peluncuran Gernas BBI dan BWI di Sulut bertemakan Dari Sulawesi Menuju Mancanegara yang dipopulerkan dengan tagar #PelangiSulawesi. Kampanye ini melambungkan potensi produk dan wisata di Sulawesi, khususnya Likupang, Sulut yang menjadi destinasi wisata super prioritas.

Selain Mendag, turut hadir Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Ketua Bidang Daya Saing Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Bianca Lutfi, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan para pelaku UMKM Sulawesi.

Baca juga : Kearifan Global Dan Kemenangan Taliban Di Afghanistan

"Kampanye ini merupakan upaya memperluas cakupan pasar dan meningkatkan kualitas. Serta daya saing produk artisan UMKM Sulawesi. Sulawesi Utara sebagai salah satu destinasi usaha prioritas diharapkan menghasilkan banyak UMKM yang onboarding di ranah digital," tutur Lutfi dalam keterangannya, Jumat (27/8).

Tak tanggung-tanggung, Kemendag akan membangunkan pusat jajanan kuliner dan cindera mata di Likupang. Kata Mendag, Sulawesi sudah lama dikenal akan potensi sumber daya alamnya. Selain itu, sejarah perdagangan masyarakat Bugis dalam membangun jaringannya sudah tersiar ke mancanegara.

Dalam hal ini, Lutfi tak segan mengapresiasi kolaborasi pemerintah pusat, daerah, Angkasa Pura, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Indonesian E-Commerce Association (iDEA), BNI, dan Mahaka Group yang telah mensukseskan Gernas BBI dan BWI #PelangiSulawesi.

Baca juga : Kementerian BUMN Rangkul Pertamina Berdayakan UMKM Naik Kelas

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan pihak-pihak terkait. Ke depan, kami terus mengharapkan dukungan dan partisipasi penuh dari kita semua untuk menjadi pahlawan di negeri sendiri dengan membeli dan memakai produk buatan Indonesia. Kita harus bangga buatan Indonesia," pesan Mendag.

Apalagi, Luhut menyebut ekonomi nasional ditunjang pelaku UMKM.

"Diharapkan pelaku UMKM Sulawesi Utara naik kelas dan masuk dalam ekosistem digital. Sehingga Sulawesi Utara dapat berkontribusi signifikan untuk mencapai target Gernas BBI dan BWI," harapnya.

Baca juga : Kucurkan Rp 4,1 Miliar, PLN Terangi 7 Dusun Terpencil Di Sulawesi Barat

Sementara Perry, juga mengapresiasi kerja sama pemerintah pusat dan daerah yang terus mendukung produk lokal melalui digitalisasi UMKM.

"BI senantiasa mendukung langkah yang dilakukan Kementerian Perdagangan menggiatkan Gernas BBI dan BWI. BI ikut berpartisipasi mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional. Salah satunya melalui digitalisasi sistem pembayaran," tandasnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.