Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Awasi Pungutan Liar Dan Korupsi Bantuan

DPRD Tangerang Segera Bentuk Pansus Bansos

Minggu, 29 Agustus 2021 06:35 WIB
Ketua DPRD Kota Tangerang, Gatot Wibowo. (Foto: Istimewa)
Ketua DPRD Kota Tangerang, Gatot Wibowo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - DPRD Kota Tangerang segera membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk mengawasi distribusi dana Bantuan Sosial (Bansos). Upaya ini ditempuh agar tidak ada pungutan liar (pungli) atau tindakan rasuah lainnya dalam program bantuan untuk wong cilik di masa pandemi Covid-19 ini.

Ketua DPRD Kota Tangerang, Gatot Wibowo mengungkapkan, saat ini sekitar 25 atau setengah jumlah anggota DPRD Kota Tangerang sudah menyuarakan, agar dibentuk Pansus Bansos guna membantu pengawasan dan penyelidikan menyeluruh terkiat penyaluran dana Bansos.

Baca juga : Jelang Liga 1, Sponsor Beri Hadiah PSIS Semarang Sebuah Bus

Hal yang melatarbelakangi usulan pembentukan pansus itu, sebut Gatot, adalah maraknya aksi pungli dan penyelewengan dana Bansos, baik yang berasal dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah oleh oknum pendamping dan pihak RT/RW.

Menurutnya, DPRD berinisiatif membentuk Pansus Bansos. Hampir lebih dari setengah dewan mengusulkan pansus. Pansus ini akan membantu pengawasan penyelidikan terkait laporan penyelewengan dan pungli oknum agar cepat ditindaklanjuti,” ujarnya.

Baca juga : Kasus Korupsi Pemeriksaan Pajak, KPK Tahan Pejabat Ditjen Pajak

Ditambahkan politisi PDI Perjuangan ini, permasalahan Bansos menjadi perhatian anggota DPRD, lantaran masyarakat Kota Tangerang mulai mengeluhkan munculnya praktik di luar hukum yang dilakukan para oknum tak bertanggung jawab. Hal ini membuat par aanggota dewan jadi geram.

“Kita banyak menerima aduan. Makanya mengerucut membentuk Pansus Bansos di Kota Tangerang. Mudah-mudahan pansus dapat menjawab pertanyaan publik, sekaligus mencari solusi terbaik dalam penyaluran Bansos,” tegasnya.

Baca juga : Panglima TNI Kirim Bantuan Alkes Ke Bangka Belitung

Gatot mengaku akan segera menggelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Tangerang untuk menjadwalkan pembentukan pansus. Proses penjadwalan diharapkan tidak akan lama.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.