Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perbaikan Situasi Covid Merembet Ke Luar Jawa Bali, Satu Daerah Lolos Ke Level 1

Senin, 30 Agustus 2021 20:51 WIB
Presiden Jokowi dalam keterangan pers soal PPKM terkini, senin 930/8). (Foto: BPMI)
Presiden Jokowi dalam keterangan pers soal PPKM terkini, senin 930/8). (Foto: BPMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perbaikan situasi Covid-19 belakangan ini, tidak hanya terjadi di Jawa Bali. Tetapi juga merembet ke wilayah-wilayah lain di luar area tersebut. 

Bahkan, untuk pertama kalinya, ada satu daerah yang berhasil meloloskan diri ke dalam Level 1.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangan pers soal perkembangan Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terkini, yang disiarkan via kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/8).

“Level 4 dari 104 kabupaten/kota menjadi 85 kabupaten/kota, Level 3 dari 234 kabupaten/kota menjadi 232 kabupaten/kota, dan Level 2 dari 48 kabupaten/kota menjadi 68 kabupaten/kota. Kemudian Level 1 dari tidak ada kabupaten/kota menjadi satu kabupaten/kota,” terang Presiden.

Baca juga : Partai Pembuka Liga 1, Bali United Tekuk Persik Kediri 1-0

Tren positif secara nasional dalam seminggu terakhir diikuti pula dengan membaiknya penerapan protokol kesehatan di beberapa sektor.

Atas evaluasi tersebut, pemerintah kembali melakukan beberapa penyesuaian atas pembatasan kegiatan masyarakat.

“Hasil evaluasi juga menunjukkan penerapan protokol kesehatan di beberapa sektor sudah memperlihatkan hal yang cukup baik. Untuk itu pemerintah kembali melakukan beberapa penyesuaian yang akan dijelaskan lebih rinci oleh menko dan menteri-menteri terkait,” kata Jokowi.

Tetap waspada

Baca juga : Hadapi Lonjakan Covid Di Luar Jawa, MPR Minta Pusat Dan Daerah Kompak

Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan semua pihak, agar tetap waspada dan berhati-hati dalam menyikapi tren perbaikan ini.

Indonesia harus dapat mempelajari perkembangan situasi Covid-19 di berbagai negara, dan mengambil pelajaran penting dari negara-negara tersebut.

“Beberapa negara yang penduduknya sudah divaksinasi sebanyak lebih dari 60 persen, saat ini juga masih mengalami lonjakan Covid-19 lagi. Hal ini terjadi karena masyarakatnya tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Untuk itu, Kepala Negara mengajak seluruh masyarakat agar segera melakukan vaksinasi dan terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga : Ini Daftar Nama Wilayah Di Luar Jawa Bali, Yang Terapkan Level 2

“Kita harus bersama-sama menjaga agar kasus Covid-19 tidak naik lagi. Kuncinya sederhana, ayo segera ikut vaksin, ayo disiplin terapkan protokol kesehatan!” pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.