Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menperin Bangga Produsen Swab Antigen Lokal Ekspor Ke Mancanegara

Rabu, 8 September 2021 12:31 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat meninjau sekaligus meresmikan ekspor perdana produk antigen dalam negeri PT Taishan Alkes Indonesia ke Irlandia dan Thailand, di Jakarta, Selasa, (7/9). (Foto: Ist)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat meninjau sekaligus meresmikan ekspor perdana produk antigen dalam negeri PT Taishan Alkes Indonesia ke Irlandia dan Thailand, di Jakarta, Selasa, (7/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah memberi dukungan penuh dan bangga terhadap produsen Alat Kesehatan (Alkes) dalam negeri yakni PT Taishan Alkes Indonesia yang selama ini membantu dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

Selain kebanggaan membantu pemerintah dalam hal penyerapan tenaga kerja, produsen alkes dalam negeri itu juga mampu melakukan ekspansi bisnis dengan melakukan ekspor produknya ke mancanegara.

Hal itu disampaikan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Selasa, (7/9), saat meninjau sekaligus meresmikan ekspor perdana produk antigen dalam negeri PT Taishan Alkes Indonesia ke Irlandia dan Thailand.

"Kedatangan saya di PT Taishan Alkes Indonesia ini ada makna penting yakni, memberikan dukungan dan juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa kita sudah bisa memproduksi alat Swab Antigen hasil kerja keras anak bangsa," kata Agus Gumiwang.

Baca juga : Perpusnas Ajak Penerbit Dan Produsen Rajin Serahkan Karyanya

Terkait ekspor yang dilakukan PT Taishan Alkes Indonesia, Agus menilai hal itu adalah prestasi luar biasa bagi karya anak-anak bangsa. "Saya bangga PT Taishan Alkes Indonesia bisa ekspansi artinya produknya bagus dan diterima mancanegara," ujarnya.

Pihaknya juga bangga kepada PT Taishan Alkes Indonesia yang concern dalam membantu pemerintah terkait penanggulangan Covid-19 di dalam negeri, sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.

"Saya bangga ada produsen alkes dalam negeri bisa mempekerjakan hingga ribuan pekerja. Ini bisa menjadi contoh bagi para produsen dalam negeri lainnya," harapnya.

Agus  juga mengapresiasi PT Taishan Alkes Indonesia yang sudah memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 40 persen dalam komponen-komponen produksinya.

Baca juga : Industri Alkes Lokal Ekspor Alat Rapid Test Ke Thailand-Irlandia

"Produk alat swab antigen PT Taishan Alkes Indonesia saya lihat sudah melampaui 40 persen TKDN yakni 48 persen, maka kementerian dan lembaga wajib membelinya," tegasnya.

Karena sudah melampaui TKDN, lanjut Agus, pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung penuh produsen alkes dalam negeri. Jika sudah ada produk dalam negeri yang TKDN lebih dari 40 persen, pemerintah bisa mentake-down produk luar negeri dari e-catalog. Tapi dengan syarat produk dalam negeri bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Dalam kunjungannya ke PT Taishan Alkes Indonesia, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi Dirjen Ilmate Kemenperin Taufik Bawazier, Komisaris PT Taishan Alkes Indonesia Cahyadi Burhan dan Milton Pakpahan, Dirut PT Taishan Alkes Indonesia Eiko Sihombing serta Direktur Utama PT Indofarma Global Medika, Emi Nuel salah satu mitra utama PT Taishan Alkes Indonesia.

Di tempat yang sama, Dirut PT Taishan Alkes Indonesia Eiko Sihombing mengatakan Taishan Alkes Indonesia akan melakukan ekspor perdana Indoswab Covid-19 Antigen Rapid Test Cassette ke negara Irlandia dan akan dilanjutkan dengan ekspor kedua ke negara Thailand.

Baca juga : Jawa Barat Gali Potensi Perluasan Pasar Ekspor Ke China

Produk ekspor dengan label Indoswab, menurut Eiko Sihombing, hal ini untuk mengharumkan nama Indonesia di mancanegara. "Bahkan kami sengaja sengaja mendesign box, memberikan nama, mendesign warna casing merah putih yang sangat identik dengan negara kita, Indonesia," ujarnya.

"Dengan diterimanya produk kami di negara Irlandia dan Thailand, masyarakat setempat bisa concern dan tahu atas adanya kehadiran karya anak-anak bangsa ini yang kaya akan kreativitas," lanjutnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.