Dark/Light Mode

Pemprov Banten Bangga Presiden Jokowi Kenakan Pakaian Adat Suku Baduy

Selasa, 17 Agustus 2021 17:50 WIB
Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tingkat Provinsi Banten diikuti secara virtual dari Istana Negara Jakarta, di kantor Pemprov Tangerang, Selasa (17/8). (Foto: Dok. Pemprov Banten)
Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tingkat Provinsi Banten diikuti secara virtual dari Istana Negara Jakarta, di kantor Pemprov Tangerang, Selasa (17/8). (Foto: Dok. Pemprov Banten)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten merasa bangga dan terharu ketika menyaksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat suku Baduy saat menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2021 sebagai agenda resmi menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/8).

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menyatakan dirinya mengapresiasi dan bangga, baju adat Baduy dipergunakan Presiden Jokowi dalam Sidang Istimewa DPR/MPR pada 16 Agustus 2021.

Baca juga : Wagub Sumbar: Warga Minang Bangga Puan Pakai Busana Bundo Kanduang

Hal tersebut diungkapkan Gubernur WH usai Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 Tingkat Provinsi Banten di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug, Kota Serang, Selasa (17/8).

“Ada satu sistem dan pola kehidupan masyarakat Baduy yang perlu kita contoh, salah satunya sistem ekonomi gotong royong. Sistem sosialnya memberikan suatu contoh tersendiri, di antaranya tradisi yang mengatur hubungan dengan masyarakat lain, sistem mengolah lahan, bagaimana mereka bisa survive sejak ratusan tahun lalu,” ujar Wahidin.

Baca juga : Jadi Pembaca Teks Proklamasi, Puan Pakai Baju Adat Budo Kanduang Sumbar

Wahidin menambahkan, sistem ekonomi gotong royong yang dipegang teguh oleh masyarakat Baduy merupakan nilai yang tidak lekang oleh dinamika perkembangan zaman. Pada kesempatan tersebut,

Wahidin mengatakan peringatan hari kemerdekaan RI 17 Agustus 2021 saat ini, memberikan makna hakiki amanah kemerdekaan untuk mengisi pembangunan dan mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Live KPU