Dark/Light Mode

Sambut HUT BNPP Ke-11, Menteri Tito Luncurkan 3 Program

Kamis, 16 September 2021 15:29 WIB
Ketua BNPP, Tito Karnavian
Ketua BNPP, Tito Karnavian

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan menyelenggarakan acara puncak HUT BNPP ke-11 pada 17 September 2021.

Dalam rangka peringatan HUT BNPP ke-11 pada, 17 September 2021, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menyiapkan 3 program edukasi untuk masyarakat di tengah pandemic Covid-19.

Tiga program tersebut,  adalah hasil kerja sama antara BNPP dengan Perpustakaan Nasional yakni Pojok Baca Digital (POCADI), yang dibangun di Pos Lintas Batas Negara (PLBN), guna meningkatkan literasi baca dan digital bagi masyarakat perbatasan.

Baca juga : Liga 1, Persita Tangerang Tundukkan Persipura 2-1

“Setelah peresmian tiga program tersebut, acara akan dilanjutkan dengan Webinar Perbatasan Negara Kokoh untuk Indonesia Tangguh dan Tumbuh,” kata Sekretaris BNPP, Restuardy Daud dalam sambutannya mewakili Kepala BNPP, Tito Karnavian di Kantor BNPP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/9).

Restuardy mengatakan, pada acara puncak HUT BNPP ke-11, BNPP mengambil tema ‘Perbatasan Negara Kokoh, untuk Indonesia Tangguh dan Tumbuh’. Hal ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah dalam menghadapi masa Pandemi Covid-19, sekaligus mempersipkan diri untuk melakukan loncatan pasca pandemi Covid-19.

Diakui Restuardy,  penyelenggaraan acara puncak HUT BNPP pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana pada tahun ini acara dilakukan secara terbatas, dan memperhatikan protokol kesehatan.

Baca juga : HUT RI ke 76, Sharp Luncurkan Program Belanja SSH Parade Kemerdekaan

“Namun tentu saja hal ini tidak mengurangi makna dari 11 tahun pengelolaan perbatasan negara sejak diundangkannya Undang Undang  No 43 Tahun 2008 tentang Wilayah Negara yang diikuti dengan pembentukan Badan Nasional Pengelola Perbatasan. Badan ini terdiri dari Pengarah yakni para Menteri Koordinator, Anggota yang terdiri dari 27 K/L, dan  Gubernur dan Bupati Walikota daerah perbatasan,” paparnya.

Selain itu, BNPP juga akan meluncurkan buku ‘Inovasi Sains untuk Pembangunan Perbatasan Indonesia’ yang diinisiasi oleh Forum Perguruan Tinggi untuk Perbatasan Negara (Forpertas) yang beranggotakan 11 Perguruann Tinggi Negeri, dengan koordinatornya Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Buku ini sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kemudian, dilanjutkan dengan program pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam rangka mendukung program Reformasi Birokrasi, serta membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, terpercaya, akuntabel, dan transparan.

Baca juga : HUT Jabar Ke-76, Momentum Perkuat Komitmen Dan Semangat Perjuangan

Acara puncak HUT BNPP ke-11 akan dihadiri secara langsung dan virtual oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD selaku Ketua Pengarah BNPP dan Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian selaku Kepala BNPP, Pejabat Kementerian/Lembaga Anggota BNPP, Para Gubernur Anggota BNPP serta Pejabat yang membidangi pengelolaan perbatasan pada Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Perbatasan, di 15 Provinsi dan 54 Kabupaten/Kota, serta Camat pada 222 Lokasi Prioritas (Lokpri). [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.