Dark/Light Mode

PON Papua Siap Digelar

Muhadjir: Kapasitas Penonton Hanya 25 Persen Dan Sudah Divaksin Tahap Kedua

Senin, 27 September 2021 19:13 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy (kiri) saat mengecek penginapan atlet yang akan bertanding di PON XX Papua. (Foto: Kemenko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy (kiri) saat mengecek penginapan atlet yang akan bertanding di PON XX Papua. (Foto: Kemenko PMK)

 Sebelumnya 
Lebih lanjut, Menko Muhadjir meminta kepada seluruh K/L agar berkoordinasi dengan PB PON terkait seluruh tambahan dukungan yang akan disediakan seperti rencana penambahan hotel terapung, tempat kuliner, dan sebagainya.

Percepatan Vaksinasi

Dari sisi kesehatan, pemerintah akan kembali melakukan sinkronisasi aturan Menteri Dalam Negeri terkait keputusan pertandingan yang dapat dihadiri oleh 25.persen dari kapasitas venue dan harus sudah mendapatkan vaksin tahap 2.

Baca juga : Aturan Baru Kerja ASN, WFO Diprioritaskan Bagi Yang Sudah Divaksin

“Saat ini, Kemenkes bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Polri, dan TNI sedang melakukan percepatan pelaksanaan jangkauan vaksin dengan target di atas 70 persen di akhir bulan September," ujar Muhadjir 

Ia menegaskan percepatan vaksinasi khususnya dilakukan di lokasi tempat berlangsungnya penyelenggaraan PON XX Papua.

Sementara itu Menteri Kesehatan (Menkes) Budi GunDi Sadikin menyatakan bahwa mengacu pada aturan Mendagri dipersyaratkan bagi kota/kabupaten yang akan melaksanakan pertandingan PON XX dan Peparnas XVI diharapkan 60 persen sudah melakukan vaksinasi tahap pertama.

Baca juga : STRP Tak Berlaku, Seluruh Penumpang Kereta Api Wajib Sudah Divaksin

Menkes mengatakan, sebagai laporan, total vaksinasi untuk kelima kota/kabupaten penyelenggara PON XX Papua sudah mencapai 648.622 dengan jumlah vaksinasi dosis pertama 406.531 atau 62,7 persen. Sedangkan vaksin kedua sudah dilakukan terhadap 253.474 orang atau 39 persen.

“Dari kelima kota yang menyelenggarakan PON, Merauke, Jayapura, dan Mimika sudah di atas 60 persen sedangkan Kabupaten Jayapura sudah 57 persen dan Kabupaten Keroom 54 persen. Kita mengejar agar Kabupaten Jayapura dan Keroom bisa segera meningkat mencapai target 60 persen bersama TNI/Polri dan seluruh vaksin dosis 1 dan 2 sudah sampai di Papua, tinggal menunggu vaksinasinya saja,” ujarnya.

Terkait protokol kesehatan, jelasnya, Kemenkes bekerja sama dengan Satgas Provinsi, Dinas Kesehatan, dan panitia penyelenggara PON supaya penggunaan PeduliLindungi atau alat screening lainnya dapat dimanfaatkan guna memastikan agar kesehatan penonton yang dibatasi 25 persen benar-benar aman dan tidak membuat kluster baru di acara PON XX Papua. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.