Dark/Light Mode

Persiapan Peparnas

Mensos Prioritaskan Vaksinasi Untuk Penyandang Disabilitas

Rabu, 29 September 2021 07:15 WIB
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. (Foto: Humas Kemensos)
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. (Foto: Humas Kemensos)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meminta bantuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memvaksinasi seluruh atlet dan pelatih yang akan berpartisipasi dalam Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI 2021 di Papua. Risma mematok target, sebelum akhir Oktober 2021 proses vaksinasi itu rampung.

Hal itu disampaikan Risma dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Menteri mengenai Penyelenggaraan PON XX Papua Tahun 2021 melalui video conference di Jakarta, Senin (27/9).

Baca juga : Dukung PTM, CIMB Niaga Finance Gelar Vaksinasi Untuk 2.000 Pelajar Di Bandung

“Ini (vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas) merupakan PR (pekerjaan rumah) kami yang paling berat. Karena banyak (penyandang) disabilitas yang takut vaksin. Ini yang perlu kami sosialisasikan,” ujar Risma, kemarin.

Menurutnya, Kementerian Sosial (Kemensos) bertugas memberikan dukungan kepada para atlet penyandang disabilitas. Hal ini sudah tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Percepatan Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Peparnas XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua.

Baca juga : Lindungi Kelompok Rentan, Risma Prioritaskan Vaksinasi Untuk Penyandang Disabilitas

Menurut mantan Wali Kota Surabaya ini, vaksinasi bagi penyandang disabilitas harus diprioritaskan. Sebab, mereka salah satu kelompok yang rentan terpapar Covid-19.

“Ini juga wujud jaminan negara atas hak kesehatan bagi penyandang disabilitas,” tuturnya.

Baca juga : PTC Semangati Penyandang Disabilitas Berwirausaha

Risma mengatakan, para penyandang disabilitas awalnya tidak masuk ke dalam daftar prioritas vaksinasi Covid-19.

Namun, Kemensos segera mengirim surat kepada Menteri Kesehatan (Menkes), meminta percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas, sehingga vaksinasi segera dilaksanakan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.