Dark/Light Mode

Persiapan Peparnas

Mensos Prioritaskan Vaksinasi Untuk Penyandang Disabilitas

Rabu, 29 September 2021 07:15 WIB
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. (Foto: Humas Kemensos)
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. (Foto: Humas Kemensos)

 Sebelumnya 
“Alhamdulillah (surat dari Kemensos) langsung direspons dengan adanya vaksinasi bagi penyandang disabilitas di Jakarta,” imbuh Risma.

Kemensos telah menyediakan data penyandang disabilitas dari Balai, Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) sebagai target vaksinasi.

Baca juga : Dukung PTM, CIMB Niaga Finance Gelar Vaksinasi Untuk 2.000 Pelajar Di Bandung

Kemensos juga sudah mengirimkan surat kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi di wilayah Pulau Jawa dan Bali agar mendata calon penerima vaksin Covid-19.

Berdasarkan hasil koordinasi Kemensos, Kemenkes dan Dinas Sosial di wilayah Pulau Jawa dan Bali, tercatat 225.000 penyandang disabilitas yang menjadi sasaran vaksinasi.

Baca juga : Lindungi Kelompok Rentan, Risma Prioritaskan Vaksinasi Untuk Penyandang Disabilitas

Saat ini, kata Risma, telah terhimpun 112.471 data penyandang disabilitas dengan rincian 106.357 data dari Dinas Sosial dan 6.114 data dari Dinas Kesehatan.

Sementara, Kemensos melalui Balai Kemensos di seluruh Indonesia juga sudah menyediakan tempat pelaksanaan vaksinasi serta layanan pendampingan penyandang disabilitas ke pusat vaksinasi, mulai dari penjemputan hingga pemulangan.

Baca juga : PTC Semangati Penyandang Disabilitas Berwirausaha

“Saya minta kepada seluruh Kepala Daerah turut membantu, fasilitasi akses vaksinasi bagi penyandang disabilitas,” pintanya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.