Dark/Light Mode

Presiden Resmikan Terminal Baru Bandara Mopah Merauke

Minggu, 3 Oktober 2021 13:18 WIB
Presiden Jokowi, didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, meresmikan Terminal Baru Bandara Mopah Merauke, Sabtu (3/10).(Foto: BKIP Kemenhub)
Presiden Jokowi, didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, meresmikan Terminal Baru Bandara Mopah Merauke, Sabtu (3/10).(Foto: BKIP Kemenhub)

 Sebelumnya 
Ini merupakan pengembangan tahap pertama yang telah diselesaikan dari rencana total tiga tahap pengembangan.

Saat ini, terminal penumpang di Bandara Mopah memiliki luas 7.200 m2, yang dapat melayani hingga 638.850 penumpang per tahunnya. Desain dari gedung terminal penumpang terinspirasi dari burung kasuari yang merupakan salah satu fauna khas dari Papua.

Baca juga : Sebelum Diresmikan Jokowi, Prabowo Tinjau Kesiapan RS Modular Di Merauke

Bandara ini memiliki runway sepanjang 2.500 m x45 m, sehingga sudah mampu didarati pesawat besar seperti tipe Boeing 737-900 dan Airbus A320.

Bandara Mopah Merauke merupakan salah satu bandara yang disiapkan untuk mendukung kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVI di Papua, selain Bandara Sentani di Jayapura dan Bandara Mozes Kilangin di Timika.

Baca juga : PON Papua, Presiden Resmikan Istora Papua Bangkit

Kemenhub terus berupaya maksimal dalam membangun dan mengembangkan sarana dan prasarana transportasi di Papua, sejalan dengan implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Turut hadir dalam acara peresmian Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Bupati Kabupaten Merauke Romanus Mbaraka. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.