Dark/Light Mode

Waspada Tempat Terjadinya Penularan

Rumah Kita Bukan Area 100 Persen Bebas Covid

Selasa, 5 Oktober 2021 07:20 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Dok. BNPB)
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Dok. BNPB)

 Sebelumnya 
Kedua, selama melakukan perjalanan. Faktor risiko penularannya bervariasi. Peluang terbesar di dalam transportasi umum.

Aspek penyebabnya juga beragam. Termasuk tingkat kepatuhan prokes oleh seluruh penumpang, sistem ventilasi alat transportasi, jarak antarpenumpang, durasi perjalanan, dan kebersihan alat transportasi.

Baca juga : Waka KPK Puji Anies Baswedan

Pencegahannya, memastikan seluruh penumpang memakai masker dan menjaga jarak. Lalu, tidak berbicara selama perjalanan dan pemilik, atau perusahaan alat transportasi wajib menjamin sistem ventilasi berjalan baik. Juga melakukan pembersihan armada dan disinfeksi secara rutin.

“Meski terdapat risiko yang cukup tinggi, langkah antisipatif yang didukung komitmen penuh dari penumpang maupun perusahaan pengadaan alat transportasi, dapat menekan penularan,” ucap Guru Besar Universitas Indonesia (UI) ini.

Baca juga : Jangan Remehkan Angka Kematian Akibat Covid

Ketiga, aktivitas di luar rumah. Faktor risiko khas yang berpeluang meningkatkan penularan adalah tingkat kepatuhan prokes secara kolektif, lingkar kontak tiap orang yang berkegiatan selama di perjalanan dan di rumah. Juga, besar ruangan serta ventilasi dalam ruangan untuk beraktivitas. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.