Dark/Light Mode

HUT TNI Ke-76

Mahfud MD: Prajurit Semakin Profesional Dan Junjung Tinggi Sapta Marga

Selasa, 5 Oktober 2021 16:22 WIB
Mahfud MD syukuran di Kantor Menko Polhukam selepas mengikuti upacara peringatan HUT TNI Ke-76 di Istana Negara, Senin (5/10). (Foto: Ist)
Mahfud MD syukuran di Kantor Menko Polhukam selepas mengikuti upacara peringatan HUT TNI Ke-76 di Istana Negara, Senin (5/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, Tentara Nasional Indonesia (TNI) sekarang lebih profesional. Pengetahuan Sumber Daya Manusia atau prajuritnya juga sudah lebih komprehensif.

"Saya melihat perkembangannya cukup menggembirakan. Sumber daya manusianya hebat-hebat, pengetahuannya tentang pertahanan, tentang peran dan sebagainya sangat komprehensif. Tentang sosiologi dan konstitusi, juga TNI saat ini sangat paham," ungkap Mahfud MD selepas mengikuti upacara peringatan HUT TNI ke-76 di Istana Negara, Selasa (5/10).

Baca juga : HUT Ke-23, Bank Mandiri Tebar Promo Dan Cashback

Menurut Mahfud, selain sekarang lebih professional, alutsistanya sudah lebih modern. "Kalau dulu waktu 76 tahun yang lalu masih menggunakan bambu runcing menjaga negara, sekarang TNI sudah jauh hebat. Atraksi udaranya luar biasa, pengamanan lautnya juga luar biasa," tambahnya.

Menko Polhukam menekankan, dua tugas TNI dewasa ini, pertama, mempertahankan NKRI, menjaga keutuhan teritori agar jangan sejengkal pun hilang diambil oleh pihak asing atau hilang sendiri karena upaya separatis atau pencaplokan.

Baca juga : HUT Ke-76, DPR: TNI Bersatu Dan Berjuang Bersama Rakyat

Yang kedua menjaga keutuhan ideologi, menurutnya tugas TNI itu menjaga  keutuhan ideologi Pancasila. Karena hal Ini menjadi komitmen TNI ketika Sapta Marga yang diucapkan.

"Saya kira nilai-nilai itu sebenarnya diekspresikan atau dikristalkan dari yang dulu dibawa oleh Jenderal Sudirman," ujar Mahfud.

Baca juga : Kata Masinton, Segini Gaji Dan Tunjangan Anggota DPR

Usai mengikuti upacara peringatan HUT TNI ke-76 di istana negara tadi pagi, Menko Polhukam mengadakan syukuran kecil sambil berdoa dengan para perwira tinggi TNI yang bertugas di Kemenko Polhukam.

Di depan para pejabat utama Kemenko Polhukam yang berasal dari seluruh matra TNI, Menko Mahfud kemudian menyampaikan pandangan, apresiasi, dan harapan-harapannya kepada TNI di masa depan, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada Sesmenko Polhukam, Letjen TNI Tri Soewandono. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.