Dark/Light Mode

Sidak Venue Pertandingan

Mahfud MD Pastikan PON Dan Peparnas Papua Lancar Dan Aman

Jumat, 10 September 2021 19:04 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian meninjau venue pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paraliampiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua, Jumat (10/9). (Foto: Ist)
Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian meninjau venue pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paraliampiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua, Jumat (10/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko PolhukamMahfud MD hari ini sidak langsung ke Papua untuk memastikan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paraliampiade Nasional (Peparnas) XVI yang akan diselenggarakan di Papua, siap digelar dengan lancar dan aman.

Bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Mahfud meninjau sejumlah venue pertandingan. Mahfud MD menegaskan dua agenda ini siap digelar di Papua.

"Saya sudah keliling dan diskusi dengan pejabat-pejabat daerah bersyukur karena pelaksanaan PON dan Peparnas semakin baik. Bagi saya, menurut keyakinan ini akan berjalan baik, mudah-mudahan keyakinan saya terjaga dan terlaksana baik," kata Mahfud MD dalam konferensi pers usai peninjauan, Jumat (10/9).

Baca juga : Pandemi Jangan Jadi Alasan Pejabat Ogah Laporin Harta Kekayaan

Dari hasil inspeksinya, Mahfud mengaku masih ada kekurangan di beberapa vanue cabang olahraga. Hanya saja, Mahfud menyebut kekurangan itu bisa dikejar sebelum pelaksanaan pertandingan pendahuluan.

"Memang ada sedikit kekurangan satu dan dua vanue saja. Tetapi saya sudah bicara ke Dispora, dipastikan yang ditentukan akan selesai. Sehingga akhirnya bisa berjalan sesuai dengan cabang olahraga terkait," yakin Mahfud.

Mahfud juga menyakini, pelaksanan PON XX dan Peparnas XVI di Papua akan berjalan dengan aman. Baik dari sisi unsur ganguan keamanan maupun dari segi penanggulangan pandemi Covid-19.

Baca juga : HNW Dukung Pemberian Gelar Pahlawan Bagi Habaib Dan Pejuang Perempuan

"Aman itu artinya aman dari tindakan-tindakan kriminal, keributan dan aman dari Covid-19, protokol kesehatan harus jadi hal yang tidak boleh dilupakan," tegas Mahfud.

Dikatakannya, akan adansekitar 10 ribu atlet dan ofisial tim yang memeriahkan jalannya PON dan Peparnas. Sehingga, perlu pengelolaan yang baik dalam penanganan pandemi Covid-19 ini.

Dalam kesempatan itu, Mahfud MD juga menyampaikan mengapa PON digelar di Papua. Kata dia, ini merupakan perintah langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga : Mahfud: PON XX Papua Aman

"PON dilakukan di Papua, pemerintah ingin ada pesta olahraga naisonal agar Papua bisa maju dengan daerah-daerah lain di Indonesia," paparnya.

Sekaligus, ia mengatakan bahwa suksesi PON dan Peparnas ini akan menjadi pembuktian bahwa negara hadir.

"PON aman menjadi bukti bahwa negara hadir di Papua. Jadi apa yang dilakukan di daerah-daerah lain, juga bisa dilakukan juga di sini," pungkas mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.