Dark/Light Mode

Kadet Mahasiswa Unhan Resmi Jadi Komcad Pertahanan Negara

Kamis, 7 Oktober 2021 16:05 WIB
Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo Subianto meresmikan Komponen Cadangan di Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Bandung, Kamis (7/10). (Foto: Dok. Unhan)
Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo Subianto meresmikan Komponen Cadangan di Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Bandung, Kamis (7/10). (Foto: Dok. Unhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi secara resmi menetapkan Komponen Cadangan (Komcad) Pertahanan Negara dalam upacara kebesaran di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus Komando Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus Kopassus), Batujajar, Bandung, Kamis (7/10). Menteri Pertahanan (Menhan) Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto mendampingi Presiden saat pemeriksaan pasukan dan selanjutnya menyampaikan laporan resmi tahapan pelaksanaan pembentukan Komcad.

Sebanyak 604 Kadet Mahasiswa S1 Universitas Pertahanan (Unhan), yang terbagi ke dalam dua batalyon, mengikuti parade upacara dan defile pasukan. Batalyon 1 Unhan berpangkat Sersan Kadet dari Cohort 1 dan batalyon 2 Unhan berpangkat Kopral Kadet dari Cohort 2.

Sejak 2 Oktober 2021, kedua batalyon Unhan sudah berlatih bersama lima batalyon Komcad Matra Darat dari Rindam Kodam Jaya, Kodam III/Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro, Kodam V/Brawijaya, dan Kodam XII/Tanjungpura. Setelah resmi sebagai Komcad, para Kadet Mahasiswa Unhan akan melanjutkan pendidikan sampai dengan selesai hingga nantinya dilantik sebagai Perwira TNI.

Penetapan Komcad merupakan amanat UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara dan UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. Penetapan Komcad juga sesuai dengan hukum internasional sebagaimana diselenggarakan banyak negara di dunia guna memenuhi kewajiban untuk mempertahankan kedaulatan dan integritas wilayah.

Penetapan Komcad juga memiliki daya tangkal sekaligus daya penggentar untuk menghadapi berbagai bentuk ancaman militer, ancaman non-militer dan ancaman hibrida. Tahun depan, direncanakan pembentukan beberapa batalyon Komcad Matra Darat bersama satu batalyon Matra Laut dan satu batalyon Matra Udara.

Dalam upacara itu, hadir para menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta Kepala Staf dari ketiga angkatan, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Turut hadir juga para anggota DPR, DPRD Jawa Barat, dan para atase pertahanan dari negara-negara sahabat. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.