Dark/Light Mode

Kemenkop UKM Berikan Bantuan Bagi Pedagang Dampak Bencana Korban Kebakaran Pasar di Bukittinggi

Rabu, 13 Oktober 2021 17:51 WIB
Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya. (Foto: Kemenkop)
Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya. (Foto: Kemenkop)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kebakaran Pasar Bawah Bukittinggi, pada Sabtu (11/9) lalu mendapat perhatian dari Kementerian Koperasi dan UKM. Sebagaimana diketahui kebakaran tersebut menghanguskan 300 kios milik pedagang dengan nilai kerugian diperkirakan mencapai sekitar Rp 2 miliar.

Kementerian Koperasi dan UKM memberikan bantuan pemerintah dalam rangka pemberdayaan usaha mikro pascabencana. Bantuan ini sangat penting  dalam upaya menjaga stabilitas ekonomi, kerawanan sosial serta dalam rangka pemulihan ekonomi daerah maupun nasional.

Hal itu ditegaskan Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya saat memberikan bantuan bagi pedagang korban bencana kebakaran Pasar Bawah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Rabu (13/10). 

Baca juga : Kurangi Pengangguran, Kemnaker Kembangkan Wirausaha

Bantuan yang diberikan Kemenkop UKM dalam bentuk bantuan modal Rp 2 juta kepada 125 pedagang atau pelaku usaha mikro. Dana ini diharapkan dapat menjadi stimulan untuk mempercepat pemulihan pelaku usaha mikro agar kembali dapat beraktifitas.  

“Usaha mikro terdampak bencana perlu mendapatkan perhatian ekstra dari pemerintah mengingat  Indonesia rentan terhadap bencana, seperti bencana alam dan dalam kurun waktu lebih dari setahun juga mengalami bencana kesehatan Pandemi Covid-19.  Ketahanan bisnis usaha mikro dalam menghadapi bencana sangat lemah karena itu  perlu dukungan pemberdayaan  untuk kembali beraktifitas dan kelangsungan usaha mikro terdampak bencana,” kata Eddy.  

Eddy mengatakan pemberian bantuan ini sesuai dengan Keputusan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Penetapan Program Bantuan Pemerintah dalam rangka Pemberdayaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil di Wilayah Bencana Sesuai Bantuan Lainnya yang Memiliki Karakteristik Bantuan Pemerintah dilingkungan Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM.

Baca juga : Syarief Ingatkan Pemilu 2024 Jangan Sampai Makan Korban Penyelenggara

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar berharap bantuan dari KemenKopUKM ini dapat dimanfaatkan secara baik dan maksimal demi keberlanjutan usaha para pedagang yang terdampak kebakaran. 

“Kami berharap tahun depan masih ada penyaluran Banpres Produktif bagi Usaha Mikro, kami tahun depan juga akan menggulirkan program pinjaman usaha tanpa bunga melalui Bank Nagari. Namun ini khusus untuk usaha jangan sampai ini dibuat hal-hal yang konsumtif,” pesan Erman Safar.

Meski dilanda kebakaran, pemerintah kota Bukittinggi akan terus mempertahankan Pasar Bawah sebagai tempat berjualan pada pedagang lokal, karena keberadaan pasar tersebut bagian dari peningkatan kesejahteraan pedagang. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.