Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Percaloan CPNS, Tjahjo Desak Polri Tindak Tegas Anak Nia Daniati

Senin, 18 Oktober 2021 20:24 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. (Foto: Ist)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo kesal betul dengan  maraknya pemberitaan percaloan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang melibatkan Olivia Nathania, putri artis Nia Daniati.

Tjahjo meminta Polri menindak tegas Olivia. Ini agar ada efek jera dan parktek percaloan seleksi CPNS, tak terjadi lagi.

"Kementerian PAN RB telah meminta Polda Metro Jaya agar segera mengusut tuntas calo CPNS tersebut termasuk kepada pihak-pihak yang terlibat. Tindakan tegas agar diberikan kepada anak artis Nia Daniati tersebut supaya ada efek jera. Karena yang bersangkutan dengan sengaja membawa-bawa nama Kementerian PAN RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN)," kata Tjahjo dalam keterangan resminya yang diterima RM.id, Senin (18/10).

Baca juga : Pemerintah Tindak Tegas Pinjaman Online Ilegal

Pemerintah tegas Tjahjo, menjamin tes penerimaan CPNS dilakukan transparan dan akuntabel. Selain itu, penerimaan CPNS tidak dikenakan biaya apapun.

"Siapa pun tidak dapat membantu, kecuali dirinya sendiri. Pelaksanaan seleksi CPNS/CASN dilakukan melalui Computer Assisted Test (CAT), sehingga sulit bagi para pihak untuk mempngaruhi hasilnya," yakinnya.

Tjahjo menambahkan, siapapun yang mendapatkan iming-iming atau ditawari untuk menjadi CPNS/CASN di luar prosedur, atau tidak sesuai ketentuan maka dipastikan itu adalah penipuan.

Baca juga : Kapolri Minta Vaksinasi Di Papua Ditingkatkan

"Untuk itu, diminta kepada semua pihak yang mengetahui hal tersebut agar melaporkannya kepada yang berwajib," imbau politisi PDI Perjuangan ini.

Diberitakan sebelumnya, salah satu orang yang mengaku korban penipuan CPNS, Karnu, melaporkan Olivia Nathania dan suaminya, Rafly Noviyanto Tilaar, ke Polda Metro Jaya 23 September 2021 silam. Laporan itu terkait penggelapan, penipuan, dan pemalsuan surat CPNS. Olivia merupakan anak penyanyi Nia Daniati.

Sementara itu, korban kasus tersebut disebut telah mencapai 225 orang dengan kerugian ditaksir Rp 9,7 miliar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.