Dark/Light Mode

Gercep Bantu Korban Kebakaran Kampung Baduy

Erick Thohir Dianugerahi Gelar Adat Dulur Baduy

Rabu, 20 Oktober 2021 18:35 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat menjalani prosesi pemberian gelar adat Dulur Baduy, di Saung Adat Baduy, Kampung Cipak Huni, Desa Kanekes, Banten, Rabu  (20/10) siang. (Foto: Ist)
Menteri BUMN Erick Thohir saat menjalani prosesi pemberian gelar adat Dulur Baduy, di Saung Adat Baduy, Kampung Cipak Huni, Desa Kanekes, Banten, Rabu (20/10) siang. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendapatkan gelar adat Dulur Baduy dari masyarakat Baduy. Prosesi penyematan gelar Dulur Baduy itu dilakukan di Saung Adat Baduy, Kampung Cipak Huni, Desa Kanekes, Banten, Rabu (20/10) siang.

Saat prosesi penyematan Dulur Baduy, Erick Thohir didampingi tiga jaro adat dari Baduy Dalam, yang secara khusus hadir menyaksikan penganugerahan gelar adat tersebut. Upacara adat itu juga disaksikan secara langsung ratusan warga Baduy Luar dan Dalam.

Jaro Saija mengatakan, gelar Dulur Baduy diberikan sebagai ungkapan terima kasih tertinggi lantaran Erick Thohir menyempatkan menemui langsung korban kebakaran kampung Baduy.

Baca juga : Tersangka Kebakaran Lapas Tangerang Terancam 5 Tahun Bui

"Penyematan ini dilakukan sebagai bentuk rasa terima kasih kepada Pak Menteri karena telah mengunjungi titik paling selatan di Baduy," tutur Jaro Saija.

Setelah disematkan baju adat Baduy yang didominasi warna hitam serta lomar, atau ikat kepala khas baduy yang didominasi warna biru, Erick langsung mengucapkan terima kasih atas kepercayaan suku Baduy atas gelar yang diterima.

Dituturkannya, perasaannya saat dianugerahi gelar Dulur Baduy, sama seperti ketika dirinya diminta menjadi Menteri BUMN.

Baca juga : Napi Korban Kebakaran Lapas Tangerang Bertambah Jadi 48 Orang

Erick bercerita, saat diminta menjadi Menteri BUMN, ia sadar besarnya tanggung jawab yang diemban. Sebab, sepertiga perekonomian Indonesia adalah BUMN.

"Tentu pikiran dan tenaga saya harus memfokuskan tanggung jawab sebagai Menteri BUMN. Perasaan ini sama ketika saya digelari Dulur Baduy, tentu ini juga harus dipertanggungjawabkan semaksimal mungkin," tutur Erick.

Setelah menerima gelar Dulur Baduy, Erick berjanji akan mengimplementasikan nilai-nilai suku Baduy. "Jika dilihat, intisari dari Suku Baduy adalah menjaga, melestarikan alam. Tentu ini harus saya wujudkan agar menjaga dan melestarikan alam. Baik itu saya sebagai individu, atau jabatan sebagai Menteri BUMN. Tentu, BUMN harus menjadi perusahaan yang mampu menjaga alam Indonesia," tandasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.