Dark/Light Mode

Gercep Bantu Korban Kebakaran Kampung Baduy

Erick Thohir Dianugerahi Gelar Adat Dulur Baduy

Rabu, 20 Oktober 2021 18:35 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat menjalani prosesi pemberian gelar adat Dulur Baduy, di Saung Adat Baduy, Kampung Cipak Huni, Desa Kanekes, Banten, Rabu  (20/10) siang. (Foto: Ist)
Menteri BUMN Erick Thohir saat menjalani prosesi pemberian gelar adat Dulur Baduy, di Saung Adat Baduy, Kampung Cipak Huni, Desa Kanekes, Banten, Rabu (20/10) siang. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Sementara itu, salah satu tokoh suku Baduy Ayah Mursyid menjelaskan, ini merupakan pertama kalinya orang luar suku Baduy menerima gelar adat Dulur Baduy.

Diberikannya gelar adat Dulur Baduy ke Erick Thohir, tidak sekonyong-konyong terjadi. Melainkan, melalui proses yang panjang.

Baca juga : Tersangka Kebakaran Lapas Tangerang Terancam 5 Tahun Bui

"Gelar Dulur Baduy ke Pak Erick Thohir itu berawal dari firasat yang datang melalui tokoh-tokoh adat Baduy. Lalu firasat yang datang itu dibawa ke dalam musyawarah di antara tokoh dan Jaro Adat Baduy yang akhirnya menyepakati agar diberikan gelar Dulur Baduy pada Pak Erick," bebernya.

Sementara Relawan Banten Berakhlak, Arif Kirdiat, yang memandu jalannya proses adat tersebut mengatakan, peristiwa ini baru pertama kali terjadi.

Baca juga : Napi Korban Kebakaran Lapas Tangerang Bertambah Jadi 48 Orang

Tiga Jaro Adat Baduy Dalam bahkan secara khusus membawa amanah untuk bertemu Erick Thohir guna menyerahkan Golok Sulangkar dari tetua adat Baduy Dalam yang diserahkan Ayah Kemik, Punggawa Baduy Dalam.

Upacara adat itu diakhiri dengan persembahan hasil bumi yang diproduksi masyarakat Baduy yang diwakili Ayah Mursyid kepada Erick Thohir.

Baca juga : Teridentifikasi, 3 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Diserahkan Ke Keluarga

Saat prosesi adat dilakukan, Angklung Buhun yang biasanya digunakan hanya setahun sekali, dibunyikan untuk mengiringi upacara adat. Angklung Buhun hanya dimainkan dalam peristiwa yang dipandang sakral oleh masyarakat Baduy.

Sebelumnya, Erick Thohir bertolak menuju Kampung Cipak Huni untuk mengunjungi pengungsian korban kebakaran yang menimpa belasan rumah warga Baduy. Erick berjanji untuk membangun kembali pemukiman bagi warga Baduy yang rusak dan hangus terbakar. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.