Dark/Light Mode

Punya 3 Sektor Ini

Indonesia Optimis Masuki Era 5.0 Seperti Jepang

Kamis, 21 Oktober 2021 12:57 WIB
Komisaris Utama PT Telkom Indonesia Bambang Brodjonegoro. (Foto: Ist)
Komisaris Utama PT Telkom Indonesia Bambang Brodjonegoro. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia optimistis bisa memasuki masyarakat era 5.0 seperti yang dialami Jepang saat ini. Ada beberapa sektor yang dimiliki Indonesia untuk mencapai arah tersebut.

Hal itu disampaikan Komisaris Utama PT Telkom Indonesia Bambang Brodjonegoro, dalam acara Jakarta Geopolitical Forum V/2021 yang diselenggarakan Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas), Kamis (21/10).

Dia mengatakan, terdapat lebih dari 1.800 start up yang berseliweran di Indonesia. Beberapa di antaranya, menjadi unicorn decacorn. "Kita juga punya enterpreneur baru. Itu sebuah kesempatan," ujar Bambang.

Baca juga : Indonesia Kembali Terima Dukungan Vaksin Dari Jepang

Saat ini, Jepang merupakan negara pertama yang memasuki masyarakat 5.0. Sementara Indonesia baru memasuki masyarakat 4.0.

Menurut Bambang, Indonesia memiliki kesempatan menjadi masyarakat 5.0 karena mempunyai tiga sektor potensial. Ketiganya yakni agrikultur, manufaktur dan information, communication, and technology (ICT).

Kendati demikian, Indonesia juga memiliki tantangan lain. Apa saja? Yakni, populasi yang besar dari tingkat Sumber Daya Manusia (SDM), digital infrastructure, human resource, integrated pentahelix (data lbase).

Baca juga : NOC Indonesia Optimistis Merah Putih Berkibar Di SEA Games 2022

"Semoga Indonesia dapat mencapai masyarakat 5.0 seperti Jepang, dengan adanya beberapa teknologi sebagai penunjangnya," harap mantan Menteri Riset dan Teknologi itu.

Diketahui, untuk kelima kalinya, Lemhanas akan menyelenggarakan Jakarta Geopolitical Forum V/2021. Acara ini digelar dua hari, hari ini, dan besok, Jumat (22/10).

Tahun ini, Lemhannas mengangkat tema The 5th Jakarta Geopolitical Forum 2021 Culture And Civilization: Humanity at the Crossroads (Budaya dan Peradaban: Kemanusiaan di Simpang Jalan) secara hybrid.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.