Dark/Light Mode

Diresmikan Hari Ini

Jokowi: Insya Allah, Jembatan Sei Alalak Bisa Awet 100 Tahun

Kamis, 21 Oktober 2021 18:11 WIB
Presiden Joko Widodo berjalan menyusuri Jembatan Sei Alalak usai meresmikannya dalam kunjungan kerja di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, pada Kamis (21/10). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Presiden Joko Widodo berjalan menyusuri Jembatan Sei Alalak usai meresmikannya dalam kunjungan kerja di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, pada Kamis (21/10). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan Jembatan Sei Alalak dalam kunjungan kerjanya di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (21/10).

Jembatan tersebut telah dinanti oleh masyarakat Kalimantan Selatan, karena fungsinya yang sangat strategis.

“Alhamdulillah, Jembatan Sei Alalak telah rampung. Hari ini kita resmikan, sehingga bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat. Saya mendengar, masyarakat sudah tidak sabar lagi menunggu peresmian jembatan ini,” ujar Presiden di lokasi peresmian.

Baca juga : Hari Ini, Jokowi Resmikan Pabrik Biodiesel Dan Jembatan Sei Alalak, Serta Tinjau Vaksinasi Di Kalsel

Jembatan Sei Alalak memiliki fungsi yang sangat penting, sebagai sebagai jalur utama akses Kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan di Kalimantan Tengah. Sekaligus mengatasi kemacetan, setelah jalan lingkar selatan rusak hancur diterjang banjir.

Jembatan Sei Alalak dengan jenis cable stayed ini memiliki panjang 850 meter dan lebar 20 meter ini, dibangun dengan dana Rp 278 miliar.

"Jembatan ini dibangun dengan teknologi tinggi dan tahan gempa. Diperkirakan mampu bertahan, Insya Allah sampai 100 tahun,” ujar Jokowi.

Baca juga : Dibuka Jokowi, 587 Peserta Perebutkan Piala Bergilir Utsawa Dharmagita 2021

Jokowi berharap, kehadiran jembatan tersebut akan memperkuat konektivitas antarwilayah di Kalimantan Selatan, memperlancar arus transportasi antardaerah, dan mengefisienkan biaya-biaya logistik. Di samping mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah sekitarnya, serta menciptakan sentra-sentra ekonomi baru.

“Saya sedikit berpesan, agar setelah diresmikan, jembatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangkitkan dan memajukan kegiatan-kegiatan produktif di masyarakat. Sehingga dampaknya bisa betul-betul dirasakan oleh rakyat kita,” tandasnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina turut mendampingi Jokowi dalam peresmian Jembatan Sei Alalak. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.