Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diresmikan Presiden Jokowi

Bandara Mopah Siap Kerek Ekonomi Bumi Cendrawasih

Senin, 4 Oktober 2021 06:40 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Terminal Baru Bandara Mopah, Merauke, Papua, Minggu (03/10/2021) pagi. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden).
Presiden Joko Widodo meresmikan Terminal Baru Bandara Mopah, Merauke, Papua, Minggu (03/10/2021) pagi. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan terminal bandara baru Mopah di Merauke, Papua, kemarin. Diharapkannya, bandara tersebut bisa mengerek kesejahteraan rakyat di Bumi Cenderawasih.

Untuk pembangunan terminal baru itu, negara merogoh ko­cek APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) sekitar Rp 141 miliar.

Peresmian dilakukan Presiden dengan melakukan pemukulan tifa, alat musik khas Papua, dan Penandatanganan prasasti. Ikut mendampingi Jokowi, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri PUPR (Pekerjaan Umum Dan Peruma­han Rakyat) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri In­vestasi/Kepala Badan Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Panglima TNI (Tentara Nasional Indonesia) Marsekal Hadi Tjah­janto, dan Bupati Merauke Ro­manus Mbaraka.

Jokowi mengatakan, ke­beradaan terminal bisa meningkatkan kualitas pelayanan terhadap penumpang. Dan, men­dorong munculnya sumber-sumber ekonomi baru.

Baca juga : Puan Harap Terminal Baru Bandara Mopah Permudah Akses Transportasi Rakyat

“Bandara ini dapat mendorong lahirnya sentra-sentra ekonomi baru di Kabupaten Merauke dan sekitarnya. Serta meningkatkan daya saing daerah dalam ekspor dan investasi,” ungkap Jokowi.

Jokowi mewanti-wanti ten­tang pentingnya menjaga kuali­tas layanan.

“Kami berharap bandara makin tertata, bersih, dan nyaman agar penumpang terlayani dengan baik di bandara ini,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi menegaskan, Pemerintah akan terus meningkatkan kapasitas bandara di Indonesia timur untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang, mobilitas, dan aktivitas ekonomi masyarakat.

Baca juga : Presiden Resmikan Terminal Baru Bandara Mopah Merauke

Menhub Budi Karya mengatakan, pihaknya sedang gencar-gencarnya membangun bandara di Papua. Hal itu dilakukan agar konektivitas di Papua semakin baik.

“Selain Bandara Mopah, kami tengah membangun beberapa bandara di Papua. di antaranya, Bandara Ewer di Asmat, Ban­dara Mozes Kilangin di Timika, Bandar Siboru di Fak-Fak, dan Bandara Douw Aturure di Na­bire,” bebes BKS-sapaan akrab Budi Karya.

BKS mengungkapkan, tahap pertama dari tiga tahap dalam pembangunan Bandara Mopah sudah selesai. Saat ini, bandara bisa didarati pesawat jenis Boeing 737 dan Airbus 320. erminal baru Bandara Mopah memiliki luas 7.200 meter persegi. Dan, mampu menampung penumpang hingga 638 ribu orang pertahunnya.

Pengembangan Bandara Mo­pah merupakan bentuk dukungan Kementerian Perhubungan dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021. Dan, Pekan Paralimpiade Nasional (Papernas) XVI di Papua.

Baca juga : Kepala BNPT Bawa Pesan Persatuan Dalam PON XX Papua

Menurutnya, pihaknya akan terus mengembangkan bandara ini. Karena, ke depan Bandara Mopah akan semakin tinggi me­layani pergerakan logistik.

Direktur Riset Center of Re­form on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah mengingatkan, pembangunan infrastruktur untuk meyukses­kan PON, hanya berdampak sementara. “Dana yang masuk menggerakkan ekonomi Papua. Tapi itu hanya sementara,” pungkasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.