Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diperintah Jokowi, Moeldoko Gercep Cari Solusi Soal Garam Rakyat

Rabu, 27 Oktober 2021 16:04 WIB
KSP Moeldoko (Foto: KSP)
KSP Moeldoko (Foto: KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi telah memerintahkan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko untuk segera mencari solusi atas berbagai persoalan garam rakyat, pada pekan lalu.

Secara khusus, Presiden memberi perhatian dari berbagai sisi yang sedang dialami para petani garam.

"Kesulitan masyarakat termasuk petani garam, harus segera kita selesaikan melalui koordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait,” kata Moeldoko dalam rapat kerja para tenaga ahli Kantor Staf Presiden (KSP) di Bandung, Rabu (27/10).

Baca juga : Penyintas Diminta Gencarkan Sosialisasi Kanker Payudara

Moeldoko mengungkap, informasi terkait kesulitan petani garam diperolehnya, setelah bertemu dan berdialog langsung dengan para petani garam di wilayah pantai utara.

Dalam kunjungan kerja Moeldoko di Desa Rawaurip Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon pada awal oktober lalu, mantan Panglima TNI itu menampung berbagai keluhan petani.

“Desa Rawaurip itu sentra penghasil garam terbesar. Tapi, harga garam di sana anjlok karena belum adanya harga dasar.  Saat ini, petani juga menghadapi ancaman banjir rob, akibat wilayah pesisir pantai mengalami abrasi. Belum lagi akses menuju lahan garam juga rusak,” terang Moeldoko.

Baca juga : Di Papua, Jokowi Beli Noken Dari Mama mama Di Pinggir Jalan

Terkait anjloknya harga garam rakyat akibat kebijakan impor garam industri, KSP sudah melakukan rapat koordinasi bersama Kemenko Kemaritiman dan Investasi dan kementerian/lembaga membahas tata niaga garam.

“Jadi, nantinya tidak ada lagi impor garam oleh pihak ketiga. Bisa langsung ke industri atau produsen. Harapannya, impor garam tidak menghancurkan pasar yang bisa berdampak pada anjloknya harga garam rakyat,” lanjut Moeldoko.

Dalam 5 tahun terakhir, harga garam rakyat mengalami fluktuasi dengan tren menurun.

Baca juga : Kelompok Milenial Apresiasi Solusi Kapolri Soal Geger Di KPK

Tahun 2020, harga garam masih mencapai Rp 600 per kilogram pada waktu panen. Namun, tahun ini, harga garam rakyat anjlok menjadi Rp 100 – 200 per kilogram. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.