Dark/Light Mode

Marak Kasus Penipuan

LPDB-KUMKM Bakal Tindak Tegas Oknum Pinjaman Koperasi Yang Catut Namanya

Kamis, 28 Oktober 2021 13:28 WIB
Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) Supomo. (Foto: Humas LPDB-KUMKM)
Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) Supomo. (Foto: Humas LPDB-KUMKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) mengimbau masyarakat tidak gampang tergiur dengan tawaran pinjaman terkait koperasi.

Sebab, saat ini banyak oknum yang melakukan penipuan dengan mengaku-ngaku sebagai Direksi maupun staf LPDB-KUMKM. Oknum-oknum ini, memanfaatkan pesatnya perkembangan teknologi informasi.

Baca juga : Satgas Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku Pemalsuan Tes PCR

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo mengatakan, untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya akan merespon aktif segala aksi penipuan yang membawa-bawa label institusi yang dipimpinnya itu.

"Banyaknya kasus penipuan di tengah keterbukaan informasi seperti sekarang memang menjadi tantangan tersendiri bagi LPDB-KUMKM. Karena itu, sebagai lembaga layanan pembiayaan yang berkaitan dengan uang negara, kami harus mengedepankan prinsip good corporate governance atau tata kelola perusahaan yang baik, dan penuh kehati-hatian," kata Supomo seperti dalam rilisnya yang diterima RM.id, Rabu (27/10).

Baca juga : PPKM Bakal Lanjut Sampai Akhir Tahun

Dia mengungkapkan, modus penipuan yang dilancarkan pihak tak bertanggung jawab mengatasnamakan LPDB-KUMKM kebanyakan mengaku sebagai konsultan dan executive marketing.

Hal ini mereka lakukan untuk mendapatkan keuntungan sepihak dengan menipu calon mitra LPDB-KUMKM.

Baca juga : Pemerintah Tindak Tegas Pinjaman Online Ilegal

"Tentunya, kami melakukan tindakan preventif dengan melakukan sosialisasi terhadap tindakan penipuan melalui sosial media lembaga," imbuhnya.

Selain itu, ditambahkan Supomo, LPDB-KUMKM juga melakukan sosialisasi dalam acara bimbingan teknis kepada calon mitra koperasi untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap orang/pihak yang mengatasnamakan LPDB-KUMKM. Baik Direksi, maupun pegawai LPDB-KUMKM.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.