Dark/Light Mode

Jelang Sumpah Pemuda

Politisi Muda PPP Ingatkan Pemerintah Serius Perhatikan Keamanan Siber

Rabu, 27 Oktober 2021 21:40 WIB
Sekretaris Wilayah PPP DKI Jakarta Najmi Mumtaza Rabbany. (Foto: Ist)
Sekretaris Wilayah PPP DKI Jakarta Najmi Mumtaza Rabbany. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang peringatan Sumpah Pemuda, Sekretaris Wilayah PPP DKI Jakarta Najmi Mumtaza Rabbany mengingatkan pemerintah memberi perhatian serius dalam merespon isu keamanan siber. Peretasan yang dialami Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menjadi alarm peringatan agar pemerintah segera berbenah.

"Fenomena peretasan yang dialami oleh Badan Siber dan Sandi Negara mendapat perhatian khusus utamanya kaum muda. Pemerintah yang mencanangkan akselerasi digital di berbagai aspek melalui semangat Making Indonesia 4.0 tidak boleh abai terhadap persoalan keamanan," ujar politikus muda PPP ini dalam keterangannya, Rabu (27/10).

Baca juga : Pemerintah Siapkan Top Up Kartu Sembako Rp 300 Ribu

Lebih lanjut, Najmi mengungkapkan bahwa isu keamanan siber menjadi perhatian anak muda karena berkaitan dengan tantangan masa depan.

"Digitalisasi menjadi upaya untuk menyongsong kecepatan dan transformasi zaman yang lebih moderen. Masa depan akan dikuasai oleh mereka yang mampu menjawab tantangan masa depan, yaitu tantangan digital," tambah putra Wakil Menteri Agama (Wamenag) KH. Zainut Tauhid Sa'adi ini.

Baca juga : Muhaimin Ingin Kerja Sama Indonesia-China Diperluas

Era modern seperti sekarang, lanjutnya, melahirkan digitalisasi yang membuat ruang-ruang penyimpanan data beralih ke cloud competing. Namun kebocoran dat5a akibat serangan siber dan penyalahgunaan data masih menghantui para pengguna jasa tersebut.

Selain mendorong pengguna untuk berhati-hati dalam memanfaatkan ‘internet of things’ yaitu dengan menjamin keamanan dari data dan privasi dunia maya, pemerintah juga perlu menghadirkan infrastruktur keamanan yang melindungi para penggunanya.

Baca juga : Di Depan Akademisi Unair, Mahfud MD Ingatkan Ancaman Radikalisme

"Dimulai dengan memperhatikan kemanan siber di institusi-institusi pemerintahan. Sehingga masyarakat percaya bahwa pemerintah dapat memberi rasa aman bagi warga negaranya, utamanya kaum muda," pungkas Najmi. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.