Dark/Light Mode

Sinergi Dengan Perbankan

LPDB-KUMKM Percepat Rekonsiliasi Data Rekening Dana Bergulir

Kamis, 28 Oktober 2021 23:04 WIB
Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo saat menghadiri acara Rekonsiliasi Rekening dengan Perbankan Triwulan III Tahun 2021, bersama mitra-mitra perbankan pusat maupun daerah, di Nusa Dua, Bali, Kamis (28/10). (Foto: Humas LPDB-KUMKM)
Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo saat menghadiri acara Rekonsiliasi Rekening dengan Perbankan Triwulan III Tahun 2021, bersama mitra-mitra perbankan pusat maupun daerah, di Nusa Dua, Bali, Kamis (28/10). (Foto: Humas LPDB-KUMKM)

 Sebelumnya 
Nizar juga mengungkapkan, kerja sama antara LPDB-KUMKM dengan mitra perbankan, tidak hanya sebatas penempatan dana. Namun, ada kerja sama cash management system (CMS), virtual account (VA), penyaluran dana bergulir, dan sebagai bank pelaksana program Kemenkop UKM tahun 2000-2007.

Dengan begitu, dapat tercapai kesesuaian data saldo, perhitungan jasa giro, dan bunga deposito antara LPDB-KUMKM dengan mitra perbankan. Pencatatan data saldo LPDB-KUMKM pun menjadi lebih akuntabel.

Baca juga : Satgas Perkuat Sinergi Internal Dan Eksternal Untuk Percepat Penyelesaian Sanksi WADA

"Kami harap mitra perbankan dapat memenuhi data dukung dan dokumen yang diperlukan untuk kelancaran acara rekonsiliasi data perbankan ini," harap Nizar.

Masalahnya, dari sekitar 15 ribu lebih koperasi yang mendapat dana bergulir periode 2000-2007, tidak sedikit koperasi yang sudah bubar dan tidak aktif. Bahkan, para pengurusnya juga sudah tidak diketahui lagi keberadaannya.

Baca juga : Sinergi Bank Mandiri, Start-Up Hingga Asosiasi Dorong UMKM Transformasi Digital

Untuk koperasi yang masih aktif, harus dipastikan ada tidaknya potensi pengembalian. Nizar berharap, adanya kesepahaman antara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kemenkop UKM soal potensi pengembalian dana tersebut.

Selain itu, Nizar berharap, mitra perbankan dapat lebih meningkatkan kerja sama dan perannya dalam pemindahbukuan angsuran pokok koperasi penerima program ke rekening LPDB-KUMKM.

Baca juga : PUPR Percepat Rehabilitasi Dan Rekonstruksi Di NTT

"Ini sejalan dengan Keputusan Menteri Koperasi dan UKM yang mengamanatkan pengalihan dana bergulir dari program Kementerian Koperasi dan UKM ke LPDB-KUMKM," tandasnya. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.